visitaaponce.com

Sejumlah Lukisan Dinding Ditemukan di Bekas Reruntuhan Kota Kuno Romawi

Sejumlah Lukisan Dinding Ditemukan di Bekas Reruntuhan Kota Kuno Romawi
Lukisan yang ditemukan di bekas reruntuhan Kota Pompeii(Parco Archeologico di Pompei press office / AFP)

Sekitar dua ribu tahun lalu, letusan Gunung Vesuvius, di Italia, meluluhlantakkan Kota Pompeii, di zaman era Romawi kuno. Baru-baru ini, para arkeolog menemukan sebuah lukisan mewah yang menampilkan pemandangan mitologi.

Benda itu merupakan salah satu dari beberapa lukisan dinding yang baru ditemukan, yang diungkap oleh para arkeolog yang melakukan penggalian di kota Romawi kuno itu, pada akhir pekan lalu.

Lukisan dinding tersebut digali selama pekerjaan restorasi di sekitar rumah besar, House of Leda. Yang paling mencolok dari lukisan ini adalah adegan dari mitos Yunani tentang Phrixus dan saudara kembarnya Helle, saat mereka melarikan diri dari ibu tiri mereka Ino dengan seekor domba jantan ajaib yang berbulu emas.

Baca juga : Manusia Purba Sengaja Membuat Batu Misterius Berbentuk 'Bola', untuk Apa?

Phrixus duduk mengangkangi domba jantan itu sementara saudara perempuannya terlihat terjatuh ke dalam air. "Dua pengungsi di laut dari Yunani kuno,” kata Gabriel Zuchtriegel, direktur taman arkeologi Pompeii.

Lukisan dinding itu dilukis seolah-olah itu adalah gambar berbingkai, digantung di dinding berkelir kuning. Lukisan lainnya yang ditemukan menggambarkan gambar benda mati dan beberapa potret perempuan.

Penggalian di House of Leda, yang dimulai pada abad ke-18 dan diluncurkan kembali pada tahun 2018, bertujuan untuk merekonstruksi denah situs bersejarah itu secara lengkap.

Lukisan-lukisan dinding tersebut sedang dibersihkan untuk menghilangkan abu vulkanik yang menyelimuti Pompeii ketika Vesuvius meletus pada 79 M, dan kemudian akan dipugar. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat