visitaaponce.com

Negara-negara Amerika Latin Mulai Vaksinasi Massal

Negara-negara Amerika Latin Mulai Vaksinasi Massal
Vaksin covid-19(AFP/Claudio Reyes)

TIGA negara Amerika Latin, pada Kamis (24/12), meluncurkan program imunisasi massal. Tenaga medis di Meksiko dan Cile termasuk yang pertama menerima vaksin. Kosta Rika pun memulai program imunisasinya.

Meksiko menyiarkan program imunisasi massal setelah negara tersebut menerima 3.000 dosis pertama vaksin Pfizer/BioNTech dari Belgia.

"Itu hadiah terbaik yang bisa saya terima pada 2020," kata perawat Meksiko yang berusia 59 tahun Maria Irene Ramirez saat menerima suntikan di sebuah rumah sakit di ibu kota.

Meksiko telah mencatat lebih dari 120.000 kematian akibat covid-19, jumlah korban tertinggi keempat di dunia setelah Amerika Serikat, Brasil dan India.

Di Cile, asisten perawat yang berusia 46 tahun Zulema Riquelme adalah orang pertama yang terlihat menerima vaksin di hadapan Presiden Sebastian Pinera.

"Saya sangat senang dan gugup," kata Riquelme beberapa jam setelah 10.000 dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech tiba dengan pesawat.

Baca juga: Satu Juta Dosis Vaksin Covid-19 Dipesan Kosta Rika

Elizabeth Castillo, seorang penghuni panti jompo yang berusia 91 tahun dan duduk di kursi roda, adalah orang pertama di Kosta Rika yang divaksinasi.

"Saya sangat bersyukur kepada Tuhan, karena saya telah meminta begitu banyak darinya. Hidup saya sangat penting bagi saya, jadi manfaatkan setiap momen," ujarnya.

Sementara itu, Argentina menerima 300.000 dosis pertama vaksin Sputnik V Rusia pada Kamis dalam penerbangan khusus dari Moskow. Negara itu adalah yang pertama di Amerika Latin yang menyetujui vaksin buatan Rusia.

Presiden Argentina Alberto Fernandez telah berjanji untuk menerima suntikan pertama dari vaksin Sputnik V. Hal itu dilakukan untuk membuktikan bahwa vaksin tersebut dapat diandalkan setelah ada kritik bahwa vaksin tersebut terdaftar sebelum dimulainya uji klinis skala besar. (AFP/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat