visitaaponce.com

Pemimpin Amerika Latin Akan Gelar Konferensi Terkait Serangan Kedutaan Ekuador

Pemimpin Amerika Latin Akan Gelar Konferensi Terkait Serangan Kedutaan Ekuador
Para pemimpin Amerika Latin akan mengadakan konferensi virtual untuk membahas serangan Ekuador terhadap kedutaan besar Meksiko di Quito(AFP)

PEMMIMPIN Amerika Latin akan mengadakan konferensi virtual minggu depan untuk membahas serangan oleh Ekuador terhadap kedutaan besar Meksiko di Quito untuk menangkap mantan wakil presiden Jorge Glas, kata Honduras pada hari Kamis.

Pertemuan Komunitas Negara-negara Amerika Latin dan Karibia (CELAC) awalnya dijadwalkan, Jumat.

Pertemuan itu ditunda hingga Selasa depan atas permintaan Meksiko, kata Presiden Honduras Xiomara Castro, presiden blok saat ini.

Baca juga : Meksiko Bersitegang dengan Ekuador Usai Kedutaannya Digerebek

Castro mengatakan pada hari Senin para pemimpin akan mempertimbangkan proposal untuk "kecaman tegas" terhadap tindakan Ekuador dan sanksi yang mungkin.

Pasukan keamanan menyerbu kedutaan besar pada Jumat malam untuk menangkap Glas, yang dicari atas tuduhan korupsi dan telah diberikan suaka oleh Meksiko.

Serangan yang jarang terjadi di wilayah diplomatik memicu protes internasional, dan mengakibatkan Meksiko memutuskan hubungan dengan Ekuador, menarik diplomatnya dari negara itu.

Setelah ditangkap, Glas, 54, dibawa ke penjara keamanan maksimum di kota pelabuhan Ekuador, Guayaquil - terkenal karena kerusuhan penjara yang kejam dan kekerasan geng terkait narkoba.

Sahabatnya dan mantan bos Rafael Correa, yang menjabat sebagai presiden antara tahun 2007 dan 2017, mengatakan pada hari Rabu Glas melakukan mogok makan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat