visitaaponce.com

Badan Obat Eropa akan Bahas Vaksin AstraZeneca pada Kamis

Badan Obat Eropa akan Bahas Vaksin AstraZeneca pada Kamis
Foto ilustrasi yang menampilkan botol bertuliskan vaksin covid-19 dan logo AstraZeneca serta Universitas Oxford.(AFP/JOEL SAGET)

BADAN Obat-Obatan Eropa (EMA) mengatakan akan menggelar sidang khusus pada Kamis (18/3) untuk memutuskan langkah berikutnya mengenai vaksin covid-19 AstraZeneca sembari menegaskan bahwa manfaat vaksinasi masih lebih tinggi ketimbang risikonya.

Badan yang bermarkas di Amsterdam, Belanda itu, dalam sebuah pernyataan resmi, mengatakan komite keamanan mereka akan kembali mengevaluasi informasi mengenai vaksin AstraZeneca pada Selasa (16/3) setelah sejumlah negara, termasuk Prancis dan Jerman, membekukan penggunaan vaksin itu karena kekhawatiran mengenai penggumpalan darah.

EMA menambahkan mereka telah menjadwalkan sidang khusus pada Kamis (18/3) untuk menyimpulkan hasil dari informasi yang dikumpulkan serta langkah yang akan diambil.

Baca juga: Slovenia Hentikan Penggunaan Vaksin AstraZeneca

Meski begitu, EMA masih optimistis vaksin asal Inggris-Swedia itu tetap aman digunakan.

"EMA, saat ini, masih memegang pandangan bahwa keuntungan dari vaksin AstraZeneca dalam mencegah covid-19 yang bisa menyebabkan seseorang dirawat di rumah sakit dan meninggal dunia, masih lebih tinggi ketimbang risiko efek samping," tegas EMA. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat