visitaaponce.com

Blinken Tegaskan AS akan Pimpin Dunia dalam Aksen Vaksin Covid-19

Blinken Tegaskan AS akan Pimpin Dunia dalam Aksen Vaksin Covid-19
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken(AFP/LEAH MILLIS)

AMERIKA Serikat (AS) akan menjadi pemimpin dunia dalam vaksinasi covid-19 setelah melakukan kemajuan pesat di Tanag Air. Hal itu ditegaskan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Senin (29/3).

"Saya meramalkan, saat kami terus memvaksinasi seluruh populasi AS, kami akan bisa berbuat lebih banyak untuk dunia," ujar Blinken dalam konferensi virtual usai berbicara di PBB.

"Dalam beberapa bulan ke depan, AS, saya yakin akan menjadi pemimpin dalam membuka akses vaksinasi di seluruh dunia," imbuhnya.

Baca juga: Putin Alami Efek Samping Usai Divaksin Covid-19

AS telah mencapai kata sepakat untuk memproduksi vaksin bersama India dengan dukungan sekutu mereka, Jepang dan Australia. Hal itu dimaksudkan untuk memastikan kampanye vaksinasi di wilayah Asia Tenggara dan Pasitik, tempat Tiongkok berusaha melebarkan pengaruhnya.

Presiden AS Joe Biden juga mengirimkan jutaan dosis AstraZeneca, yang hingga kini belum disetujui untuk digunakan di AS, ke Kanada dan Meksiko serta berkontribusi sebesar US$4 miliar ke program Covax untuk membantu vaksinasi di negara berkembang.

Biden, secara dramatis, meningkatkan kampanye vaksinasi covid-19 sejak menjabat, 20 Januari lalu. Gedung Putih, Senin (29/3), mengatakan 90% warga dewasa AS akan bisa mendapatkan vaksinasi covid-19 pada 19 April mendatang.

Dengan perkembangan yang pesat itu, AS, dalam waktu dekat, akan memiliki kelebihan dosis vaksin covid-19, dan menghadapai dilema mengenai bagaimana menyumbangkannya. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat