visitaaponce.com

KTT ASEAN Digelar Besok, Menlu RI Bahas Krisis Myanmar

KTT ASEAN Digelar Besok, Menlu RI: Bahas Krisis Myanmar
Personel Paspampres mengawasi area gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta.(Antara)

PARA pemimpin negara Asia Tenggara akan berkumpul dalam KTT ASEAN atau ASEAN Leaders Meeting (ALM) pada Sabtu (24/4) besok. Agenda tersebut dijadwalkan membahas tentang krisis Myanmar. 

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyebut pertemuan rencananya berlangsung pada siang hari di gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta.

“Para pemimpin ASEAN, termasuk Presiden RI, telah menerima undangan dari Sultan Brunei Darussalam sebagai Ketua ASEAN, untuk menghadiri ALM besok,” ujar Retno dalam keterangan pers lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/4).

Baca juga: Menlu Tiongkok Dukung KTT ASEAN Bahas Kondisi Politik Myanmar

ALM merupakan inisiatif Indonesia dan tindak lanjut dari pembicaraan antara Presiden Joko Widodo dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. Saat ini, proses persiapan terus dilakukan pada tingkat SOM dan Menlu ASEAN.

Ini merupakan pertemuan tatap muka pertama para pemimpin ASEAN, sejak pandemi covid-19 melanda dunia. Pertemuan ini juga digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Baca juga: Amankan KTT ASEAN, Polda Metro Kerahkan 4.382 Personel

“Komitmen para pemimpin untuk bertemu secara fisik merupakan refleksi kekhawatiran ASEAN terhadap situasi di Myanmar. Ini tekad ASEAN untuk membantu Myanmar keluar dari krisis,” imbuh Retno.

Sejauh ini, tiga pemimpin negara menyatakan tidak dapat hadir, yakni Thailand, Laos dan Filipina. “Presiden RI telah melakukan pembicaraan dengan PM Thailand. Membahas persiapan ALM ini. PM Thailand menyampaikan permintaan maaf tidak dapat hadir karena situasi covid-19,” jelasnya.

Malam ini, pihaknya akan menjadi tuan rumah working dinner dengan semua Menlu ASEAN yang sudah hadir di Jakarta. Mereka membahas kembali persiapan terakhir ALM.(OL-11)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat