visitaaponce.com

Pendiri McAfee Bunuh Diri di Penjara Spanyol

Pendiri McAfee Bunuh Diri di Penjara Spanyol
Pendiri perusahaan antivirus McAfee, John McAfee(AFP/Fred DUFOUR)

PELOPOR perangkat lunak antivirus John McAfee ditemukan tewas di dalam selnya di Spanyol, Rabu (23/6), tidak lama setelah pengadilan menyetujui untuk mengekstradisinya ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadapi gugatan penggelapan pajak.

Pria berusia 75 tahun itu ditemukan tewas di dalam sel di Penjara Brians 2, dekat Barcelona, diduga karena bunuh diri.

Seorang juru bicara Komisi Jenderal Kehakiman Spanyol (CGPJ) cabang Catalan juga mengonfirmasi bahwa McAfee ditemukan tewas di dalam selnya sekitar pukul 19.00 waktu setempat, diduga karena bunuh diri.

Baca juga: Dituduh Korupsi, Menteri Lingkungan Brasil Mundur

McAfee telah dipenjara di Spanyol sejak ditangkap di bandara Barcelona pada Oktober 2020 saat akan bertolak ke Istanbul.

Dia dituding dengan sengaja tidak membuat laporan pajak antara 2014 dan 2018 meski memiliki pemasukan jutaan dari kerja konsultasi, cryptocurrencies, dan menjual hak untuk kisah hidupnya.

Jika divonis bersalah, McAfee terancam vonis hingga 30 tahun penjara.

Dalam pernyataan resmi, departemen kehakiman Catalan hanya mengatakan mereka tengah menggelar penyelidikan setelah seorang napi berusia 75 tahun yang akan diekstradisi ke AS ditemukan tewas di dalam selnya.

"Sipir dan staf medis dengan segera melakukan resusitasi namun dokter memutuskan bahwa yang bersangkutan telah tewas," ujar pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Pengadilan Nasional Spanyol menyetujui ekstradisi McAfee ke AS. Keputusan itu masih bisa digugat dan proses ekstradisi juga membutuhkan persetujuan dari kabinet Spanyol. (AFP/OL-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat