visitaaponce.com

Mantan Presiden Afsel Menyerahkan Diri untuk Jalani Hukuman Penjara

Mantan Presiden Afsel Menyerahkan Diri untuk Jalani Hukuman Penjara
Mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma(AFP/Emmanuel Croset)

MANTAN Presiden Afrika Selatan (Afsel) Jacob Zuma menyerahkan diri ke penjara, Kamis (8/7) pagi untuk mulai menjalani hukuman selama 15 bulan karena menghina pengadilan tertinggi negara itu.

Otoritas penjara mengonfirmasi Zuma telah mulai menjalani hukumannya tersebut di Pusat Pemasyarakatan Estcourt di provinsi asalnya, KwaZulu-Natal.

Itu adalah pertama kalinya seorang mantan presiden dipenjara di Afrika Selatan pascaapartheid. Zuma menyerahkan diri setelah berhari-hari menolak melakukannya, mengakhiri kebuntuan yang mencengkeram negara itu.

Baca juga: Merasa Dibungkam, Trump Gugat Twitter, Facebook, dan Google

Sebelumnya, polisi Afsel, Rabu (7/7) memperingatkan bahwa mereka siap menangkap Zuma pada batas waktu tengah malam untuk menegakkan putusan, kecuali pengadilan tinggi memerintahkan sebaliknya.

Namun, pada akhirnya, mantan pemimpin tersebut memutuskan menempuh jalannya sendiri ke penjara.

Hanya beberapa menit sebelum batas waktu berakhir, yayasannya mencuit di Twitter bahwa Zuma telah memutuskan mematuhi perintah penahanan dan menyerahkan dirinya ke fasilitas pemasyarakatan.

Sebuah konvoi mobil yang diyakini membawa Zuma melaju keluar dari wismanya dengan kecepatan tinggi sekitar 40 menit sebelum batas waktu tersebut.

Petugas penjara mengatakan Zuma masuk penjara, yang direnovasi pada 2019, sekitar 200 kilometer jauhnya dari wismanya di Nkandla sekitar pukul 01:00 waktu setempat.

Pada akhir pekan, dia dengan menantang menyatakan bahwa dia siap masuk penjara, meskipun dia dikirim ke penjara selama puncak pandemi di usianya, yang disebutnya sama saja dengan menjatuhkan hukuman mati kepadanya.

Itu setelah dia mengatakan kepada pendukungnya bahwa akan ada kekacauan jika polisi berani menangkapnya. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat