visitaaponce.com

Upacara Penyerahan Nobel Perdamaian Tahun Ini akan Digelar Secara Langsung

Upacara Penyerahan Nobel Perdamaian Tahun Ini akan Digelar Secara Langsung
Upacara penyerahan Nobel Perdamaian di Oslo pada 2019.(AFP/Fredrik VARFJELL)

UPACARA penyerahan Hadiah Nobel Perdamaian, yang digelar secara daring pada tahun lalu, karena pandemi covid-19, akan digelar secara langsung pada Desember dengan kedua penerima Hadiah Nobel Perdamaian 2021 dipastikan hadir. Hal itu diungkapkan Komite Nobel Norwegia, Selasa (26/10).

Jurnalis investigasi Maria Ressa dari Filipina dan Dmitry Muratov dari Rusia dinyatakan sebagai peraih Hadiah Nobel Perdamaian, awal bulan ini, untuk kerja mereka mempromosikan kebebasan berekspresi saat media massa berada di bawah tekanan.

Upacara penyerahan Nobel Perdamaian itu, sesuai trandisi, akan digelar di Oslo pada 10 Desember, perayaan kematian pencipta hadiah Nobel Alfred Nobel pada 1896.

Baca juga: Senator Brasil Minta MA Larang Bolsonaro Gunakan Media Sosial

"Peraih Hadiah Nobel Perdamaian tahun ini, Maria Ressa dan Dmitry Muratov, dan perwakilan peraih Hadiah Nobel Perdamaian tahun lalu, World Food Programme, akan hadir," ujar Sekretaris Komite Nobel Norwegia Olav Njolstad.

Biasanya, sebuah upacara terpisah digelar di Stockholm di tanggal yang sama untuk peraih Hadiah Nobel untuk bidang kesehatan, fisika, kimia, sastra, dan ekonomi.

Namun, Yayasan Nobel, September lalu, mengumumkan para penerima Hadiah Nobel itu akan menreima hadiah mereka di negara masing-masing karena pandemi. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat