visitaaponce.com

Pengkritik Vladimir Putin, Alexei Navalny Tewas di Penjara

Pengkritik Vladimir Putin, Alexei Navalny Tewas di Penjara
Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny saat menghadiri pawai oposisi mengenang pembunuhan kritikus Kremlin Boris Nemtsov di pusat Moskow(Vasily MAXIMOV / AFP)

PEMIMPIN oposisi Rusia Alexei Navalny dikabarkan meninggal di penjara. Dia merupakan musuh paling kuat bagi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Navalny sering menuduh Putin telah melakukan korupsi selain melancarkan protes besar-besaran atas kebijakan Kremlin. Lembaga Pemasyarakatan Federal Distrik Otonomi Yamalo-Nenets, Rusia, menyatakan pria berusia 47 tahun itu meninggal pada Jumat (16/2).

Navalny, yang sejauh ini merupakan pemimpin oposisi paling terkenal di Rusia, mengecam kelas elite di sekitar Presiden Vladimir Putin. Rezim putin disebutnya telah melakukan korupsi dalam skala besar.

Baca juga : AS Ungkap Keprihatinan Mendalam Terkait Keberadaan Alexei Navalny yang Hilang

Sebelum meninggal, Navalny mengaku tidak enak badan. Sebelumnya dia sempat berjalan-jalan di kompleks penjara IK-3 di Kharp, sekitar 1.900 km timur laut Moskow.

Navalny, kata Lembaga Pemasyarakatan Federal Distrik Otonomi Yamalo-Nenets, langsung kehilangan kesadaran. “Staf medis di institusi tersebut segera tiba, dan tim ambulans dipanggil,” kata pernyataan lembaga tersebut.

Menurut lembaga itu semua tindakan resusitasi yang diperlukan telah dilakukan, namun tidak membuahkan hasil positif. Dokter ambulans menyatakan Navalny meninggal.

Baca juga : Putin Umumkan Maju di Pilpres 2024

“Penyebab kematiannya sedang ditelisik,” imbuh pernyataan Lembaga Pemasyarakatan Federal Distrik Otonomi Yamalo-Nenets.

Putin telah diberitahu tentang kematian Navalny, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov. Navalny mendapat dukungan dari berbagai oposisi Rusia karena secara sukarela kembali ke Rusia pada 2021 dari Jerman. Ia sempat dirawat usai diduga menjadi sasaran percobaan pembunuhan menggunakan racun.

Navalny saat itu mengatakan bahwa dia diracun di Siberia pada Agustus 2020. Kremlin membantah mencoba membunuhnya dan mengatakan tidak ada bukti dia diracuni oleh agen saraf Rusia.

Baca juga : Putin Ingin Tetap Berkuasa hingga 2030

Navalny ditahan di penjara yang berada di utara Rusia atau Lingkaran Arktik. Penjara IK-3, yang terletak di Kharp di wilayah Yamalo-Nenets sekitar 1.900 km timur laut Moskow, dianggap sebagai salah satu pemasyarakatan paling mengerikan di Rusia.

Kharp berjarak sekitar 100 kilometer dari Vorkuta, yang tambang batu baranya merupakan bagian dari sistem kamp penjara gulag Soviet. Dia telah dijatuhi hukuman 19 tahun.

"Moskow memikul tanggung jawab besar atas kematian Navalny di koloni penjara Arktik," kata Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide.

Baca juga : Macron Sebut Rusia Tunduk pada Tiongkok? Ini Jawaban Kremlin

Pemerintah Prancis mengatakan bahwa Navalny telah membayar dengan nyawanya karena menentang penindasan di bawah rezim Putin.

“Alexei Navalny membayar dengan nyawanya atas perlawanannya terhadap sistem penindasan,” kata Menteri Luar Negeri Prancis Stéphane Séjorné di X.

Kematiannya di penjara mengingatkan akan realitas rezim Vladimir Putin. Dia juga menyampaikan belasungkawa kepada Keluarga Navalny dan rakyat Rusia.

Baca juga : Kremlin Diserang Drone Ukraina, Pengamat AS: Serangan Didalangi Moskow

Presiden Latvia Edgars Rinkevics menduga Navalny dibunuh secara brutal oleh Kremlin. "Apa pun pendapat Anda tentang Alexei Navalny sebagai politisi, dia baru saja dibunuh secara brutal oleh Kremlin. Itu adalah fakta dan sesuatu yang harus diketahui tentang sifat sebenarnya dari rezim Rusia saat ini," kata Edgars Rinkevics di X.

Charles Michel dari Uni Eropa mengatakan bahwa Navalny berjuang untuk nilai-nilai kebebasan dan demokrasi. Dia menambahkan bahwa ia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Navalny dan mereka yang memperjuangkan demokrasi.

Editor surat kabar Rusia dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Dmitry Muratov mengatakan kematian Navalny adalah hal yang wajar karena kondisi penjara yang mengerikan. (AFP/Cah)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat