visitaaponce.com

Pendukung Alexei Navalny Menemukan Solidaritas dalam Perhimpunan Pemilihan

Pendukung Alexei Navalny Menemukan Solidaritas dalam Perhimpunan Pemilihan
Para pendukung Navalny di Rusia, meskipun tanpa harapan untuk perubahan politik(AFP)

PARA warga Rusia yang datang memberikan suara protes di Moskow pada Minggu merasa lega karena tahu mereka tidak sendirian dalam menentang pemerintahan keras Vladimir Putin, meskipun mereka tidak banyak berharap untuk perubahan politik.

Mengabaikan ancaman penangkapan, mereka membentuk antrian yang tidak lazim panjang di luar tempat pemungutan suara pada Minggu, mengikuti seruan dari almarhum pemimpin oposisi Alexei Navalny untuk memberikan suara pada tengah hari.

Kerumunan itu memberikan penghormatan kepada Navalny, kritikus paling menonjol Vladimir Putin, yang meninggal dalam keadaan misterius di penjara Arktik bulan lalu dan meninggalkan oposisi Rusia terpukul.

Baca juga : Alexei Navalny Hantui Vladimir Putin di Pilpres Rusia

"Setiap tahun, kami mencoba mencari cara untuk menyatakan pendapat kami tentang apa yang terjadi di Rusia," kata Olga Mironenko, seorang spesialis TI berusia 33 tahun, di luar tempat pemungutan suara di ibu kota.

Kremlin telah melarang setiap kritik terhadap Putin atau otoritas, suatu keputusan represif yang telah dipercepat sejak Moskow melancarkan serangan terhadap Ukraina pada Februari 2022.

Kampanye keras ini telah mengusir sebagian besar kritikus terkemuka ke pengasingan atau ditangkap dan dipenjara.

Baca juga : Pidato Kemenangan, Vladimir Putin: Rusia Tak Akan Dihentikan

Ini juga memaksa para pembangkang yang tersisa di Rusia untuk menemukan cara alternatif untuk menyatakan ketidaksetujuan mereka.

Protes "Tengah Hari Menentang Putin" pada hari Minggu adalah "sat-sat-satunya cara untuk menyatakan sikap saya dalam keadaan saat ini," kata Denis, seorang manajer periklanan berusia 21 tahun.

Pada malam hari Minggu, Deadline melaporkan bahwa trailer film, yang dirilis awal bulan ini, menjadi trailer film streaming asli dengan penonton terbanyak sepanjang masa dengan 125 juta penonton di seluruh dunia. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat