visitaaponce.com

Afrika Selatan Catat Rekor Kasus Harian Covid-19

Afrika Selatan Catat Rekor Kasus Harian Covid-19
Seorang anak laki-laki, didamping ibunya, mendapatkan giliran disuntik vaksin covid-19 di Johannesburg, Afrika Selatan.(AFP/LUCA SOLA)

AFRIKA Selatan, Rabu (15/12), melaporkan penghitungan harian tertinggi kasus covid-19 sejak awal pandemi, hanya beberapa minggu setelah mengumumkan penemuan varian Omicron.

Penghitungan 26.976 infeksi covid-19 melampaui rekor sebelumnya, 26.485, pada 3 Juli, saat puncak gelombang ketiga negara itu yang disebabkan oleh varian Delta.

Strain Omicron yang sangat bermutasi pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, bulan lalu, dan memicu kepanikan global atas kekhawatiran bahwa itu lebih menular daripada varian lainnya.

Baca juga: Presiden Afrika Selatan Positif Covid-19

Kantor Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Senin (13/12), mengumumkan bahwa dia telah dinyatakan positif covid-19, meskipun dia telah divaksinasi lengkap.

Meskipun kasus varian Omicron ditemukan di negara-negara di seluruh dunia, belum sepenuhnya jelas apakah itu menyebabkan penyakit yang lebih parah atau apakah, atau sejauh mana, dapat menghindari vaksin.

Pada hari rekor Afrika Selatan sebelumnya, 108 kematian akibat covid-19 dilaporkan. Pada Rabu (15/12), 54 orang meninggal karena virus tersebut.

Data yang menjanjikan sejauh ini menunjukkan bahwa vaksin masih memberikan perlindungan terhadap omicron.

Pemerintah Afrika Selatan telah menanggapi gelombang infeksi terbaru dengan mendorong negara itu untuk mendapatkan suntikan mereka.

Pekan lalu, Afrika Selatan menyetujui suntikan booster untuk semua warga negara yang berusia di atas 18 tahun.

Sejauh ini, lebih dari 17 juta orang telah divaksinasi di Afrika Selatan, atau sekitar sepertiga dari populasi negara itu. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat