visitaaponce.com

Australia Beli Hak Bendera Milik Seniman Suku Pribumi Aborigin

Australia Beli Hak Bendera Milik Seniman Suku Pribumi Aborigin
Timnas sepa bola putri Australia mengibarkan bendara Aborigin saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020.(Yoshikazu TSUNO / AFP)

PEMERINTAH Australia telah mencapai kesepakatan untuk membeli hak cipta atas bendera Aborigin senilai US$14 juta, mengakhiri perdebatan panjang tentang penggunaan umum bendera tersebut.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan pemerintahnya telah membebaskan bendera Aborigin untuk warga Australia.

Kesepakatan itu muncul dari negosiasi dengan seniman Aborigin Harold Thomas, yang mendesain bendera itu pada 1971.

Selama 50 tahun terakhir, bendera tersebut telah menjadi simbol penting dari protes dan perayaan bagi orang-orang Aborigin Australia.

Tapi ada perdebatan sengit tentang penggunaan publik dari desain Thomas setelah seniman tersebut memberikan lisensi kepada perusahaan untuk menggunakannya pada produk mereka.

Salah satu perusahaan ini, WAM Clothing, mengirim surat penghentian ke banyak organisasi, termasuk Australian Football League, karena menggunakan bendera Aborigin pada pakaian.

"Saya berharap pengaturan ini memberikan kenyamanan kepada semua orang Aborigin dan warga Australia untuk menggunakan bendera, tidak berubah, dengan bangga dan tanpa batasan," kata Thomas tentang kesepakatannya dengan pemerintah Australia.

"Saya bersyukur bahwa karya seni saya diapresiasi oleh begitu banyak orang, dan itu telah mewakili sesuatu yang begitu kuat bagi banyak orang,” imbuhnya.

Morrison mengatakan kesepakatan ini membuat bendera tersebut dapat digunakan di pakaian, lapangan olahraga, karya seni, dan di media lain apa pun tanpa harus meminta izin atau membayar biaya.

Kesepakatan itu juga akan membuat pemerintah Australia memberikan beasiswa untuk menghormati Thomas senilai $100,000 untuk siswa Pribumi. (Aiw/France24/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat