visitaaponce.com

AS Ucapkan Selamat kepada PM Pakistan Baru Shehbaz Sharif

AS Ucapkan Selamat kepada PM Pakistan Baru Shehbaz Sharif
Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif(AFP/PID)

AMERIKA Serikat, Rabu (13/4), mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif, yang baru terpilih setelah penggulingan Imran Khan, akhir pekan lalu.

Khan diberhentikan pada Minggu (10/4) setelah adanya mosi tidak percaya dan Sharif dipilih oleh anggota parlemen Pakistan pada hari berikutnya.

"Amerika Serikat mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Pakistan yang baru terpilih Shehbaz Sharif dan kami berharap dapat melanjutkan kerja sama lama kami dengan pemerintah Pakistan," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Shehbaz Sharif, Perdana Menteri Baru Pakistan

"Amerika Serikat memandang Pakistan yang kuat, makmur, dan demokratis sebagai hal yang esensial bagi kepentingan kedua negara kita," ucapnya.

Untuk diketahui, tidak ada perdana menteri yang pernah menjalani masa jabatan secara penuh di Pakistan, tetapi Khan adalah orang pertama yang kehilangan jabatannya melalui mosi tidak percaya.

Dia mencoba segalanya untuk tetap berkuasa setelah kehilangan mayoritasnya di parlemen, termasuk membubarkan majelis dan menyerukan pemilu yang baru.

Tetapi Mahkamah Agung menganggap semua tindakannya ilegal dan memerintahkan anggota parlemen untuk berkumpul kembali dan memberikan suara.

Khan menegaskan dia telah menjadi korban konspirasi "perubahan rezim" yang melibatkan Washington dan lawan-lawannya. Namun, tuduhan itu dibantah keras oleh Amerika Serikat.

Adapun Sharif menjanjikan penyelidikan atas tuduhan Khan tersebut. 

"Jika sedikit bukti diberikan terhadap kami, saya akan segera mengundurkan diri," katanya kepada parlemen. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat