visitaaponce.com

Prancis-India Serukan Segera Diakhirinya Pertempuran di Ukraina

Prancis-India Serukan Segera Diakhirinya Pertempuran di Ukraina
Perdana Menteri India Narendra Modi (kiri) dan Presiden Prancis Emmanuel Macron(AFP/STEPHANE DE SAKUTIN)

INDIA dan Prancis menyerukan penghentian segera pertempuran di Ukraina. Hal itu disampaikan Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Prancis Emmanuel Macron usai mereka bertemu di Paris untuk melakukan pembicaraan dan jamuan makan malam, Rabu (4/5).

"Prancis dan India menyatakan keprihatinan mendalam atas krisis kemanusiaan dan konflik yang sedang berlangsung di Ukraina," kata Modi dan Macron dalam sebuah pernyataan bersama.

"Kedua negara dengan tegas mengutuk fakta bahwa warga sipil telah terbunuh di Ukraina dan menyerukan penghentian segera pertempuran agar kedua pihak bersama-sama untuk melakukan dialog dan diplomasi, dan untuk segera mengakhiri penderitaan rakyat," lanjut mereka.

Baca juga: Lebih dari 300 Warga Ukraina Dievakuasi dari Kota Mariupol

Namun, hanya Prancis yang mengutuk agresi ilegal dan tidak dapat dibenarkan yang dilakukan pasukan Rusia terhadap Ukraina. Sementara, Modi sekali lagi berhenti mengutuk invasi Rusia ke Ukraina.

Lebih lanjut, kedua negara mengatakan mereka akan menanggapi secara terkoordinasi dan multilateral terhadap risiko konflik dari invasi tersebut.

Menjelang pertemuan tersebut, kantor Macron mengatakan dia akan menekankan konsekuensi perang bagi tatanan internasional jauh di luar Uni Eropa, termasuk di Asia kepada Modi.

Prancis, tambah para pejabat, ingin membantu India mendiversifikasi pasokan mereka mulai dari senjata dan energi Rusia. Tujuannya, lanjut mereka, bukan untuk meninggalkan orang India tanpa jalan keluar, tetapi untuk menawarkan solusi.

Modi, yang sedang dalam tur Eropanya, mengatakan kepada wartawan setelah bertemu dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Berlin, Senin (2/5), bahwa tidak akan ada pemenang dalam perang tersebut dan semua orang akan kalah. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat