visitaaponce.com

Terpilihnya Anthony Albanese Sebagai PM, Angin Segar Bagi Palestina

Terpilihnya Anthony Albanese Sebagai PM, Angin Segar Bagi Palestina
PM baru Australia Anthony Albanese (kiri) bertemu PM Jepang Fumio Kishida bertemu di sela Pertemuan Quad di Tokyo, Jepang, Selasa (24/5).( ISSEI KATO / POOL / AFP)

LEMBAGA kemanusiaan global MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) Indonesia menyambut baik dan mengucapkan selamat atas terpilih Anthony Albanese menjadi Perdana Menteri ke-31 Australia.

Albanese, pemimpin Partai Buruh Australia, akhirnya terpilih menjadi perdana menteri Australia menggantikan Scott Morrison yang menjabat sejak Agustus 2018.

Ia secara resmi dilantik sebagai pemimpin baru ‘Negeri Kanguru’ menyusul kemenangan partainya dalam Pemilihan Nasional Australia, Sabtu (21/5) lalu.

MER-C memandang kemenangan Albanese dapat dikatakan memberikan angin segar bagi Palestina.

Hal itu disebabkan ia berasal dari Partai Buruh yang lebih ramah dengan Palestina. Sosoknya selama ini dikenal sebagai pendukung kuat Palestina dan pengkritik keras kebijakan-kebijakan Israel.

“Albanese dan partai yang dipimpinnya juga aktif menyerukan pengakuan negara Palestina merdeka melalui solusi dua Negara,” ujar MER-C dalam keterangan tertulis yang dikutip, Rabu (25/5).

Baca juga: PM Australia Anthony Albanese Pengkritik Keras Israel

Sikap Albanese tersebut berseberangan dengan Morisson yang dikenal pro-Israel dan sangat bersahabat dengan Israel.

Dalam konflik Palestina Israel, selama ini Australia menempatkan diri dalam posisi membela kepentingan Israel. Lobi-lobi Israel di pemerintahan dan legislatif sangat memengaruhi warna kebijakan luar negeri Australia.

Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad, mengatakan sebagai sebuah lembaga sosial medis untuk kemanusiaan dan perdamaian yang Palestina turut menjadi fokus perhatiannya, MER-C mengharapkan Albanese dapat menjadi pemimpin terdepan dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

“Semoga ia dapat melihat konflik Palestina-Israel secara lebih humanis serta proprosional dan tidak bergeming terhadap tekanan,” ujarnya. (Hym/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat