visitaaponce.com

Diterpa Gelombang Panas, Suhu di Eropa Melebihi 40 Derajat Celcius

Diterpa Gelombang Panas, Suhu di Eropa Melebihi 40 Derajat Celcius
Seorang anak bersama ibunya mendinginkan badan lewat selang di Kota Cologne, Jerman.(INA FASSBENDER / AFP)

GELOMBANG panas melanda negara-negara di Eropa barat. Dampak dari pemanasan global ini telah menyebabkan kebakaran hutan di Prancis, Portugal, Spanyol, dan Yunani dan mengusir 30.000 orang.

"Ide yang muncul di kepala saya adalah, ini adalah monster," kata Presiden Wilayah Gironde, Prancis, Jean-Luc Gleyze.

Di kota iru, telah terkena dampak sangat parah. Petugas pemadam kebakaran berjuang untuk mengendalikan kobaran api yang telah menghancurkan hampir 17.000 hektare lahan.

"Itu monster seperti gurita, dan dia tumbuh dan tumbuh dan tumbuh di depan, di belakang, di kedua sisi. Karena suhu, karena angin, karena kekurangan air di udara, monster yang sangat sulit untuk melawannya," imbuhnya.

Prancis dan Inggris telah mengeluarkan peringatan cuaca panas ekstrem, sementara Spanyol telah mencatat suhu mencapai 43 derajat celcius pada Senin (18/7).

Inggris diperkirakan akan mengalami hari terpanas sepanjang sejarah dan para ahli mengatakan beberapa bagian Prancis menghadapi kiamat panas. Kota Nantes di Prancis, misalnya, mencatat suhu 42 derajat celcius.

Suhu yang berkisar 40 derajat celcius pada hari Senin diperkirakan akan turun pada hari Selasa di kota tersebut. Namun, hal itu tidak akan banyak membantu selama kondisi kering dan angin yang berubah-ubah tetap ada.

Sementara itu, Inggris mengalami salah satu hari terpanas pada Senin, dengan suhu tertinggi mencapai 38,1 derajat celcius di Suffolk. Ramalan cuaca menyebutkan Inggris dapat mencapai suhu 40 derajat celcius atau yang tertinggi yang pernah dicatat negara itu.

Cuaca panas juga telah menghambat transportasi di Inggris. Sebagian perjalanan kereta dan penerbangan dibatalkan karena bagian dari rel dan landasan pacu melengkung akibat panas.

Baca juga: Benua Australia Kehilangan Spesies Mamalia Terbanyak

Sementara itu, Belanda mencatat hari terpanas sepanjang tahun sejauh ini. Di Kota Westdorpe, suhu mencapai 33,6 derajat celcius.

Suhu diperkirakan akan lebih panas pada Selasa dengan perkiraan mencapai 39 derajat celcius di wilayah Selatan dan tengah Belanda.

Di Belgia, suhu diperkirakan mencapai 40 derajat celcius. Di Spanyol dan Portugal, lebih dari 1.000 kematian telah dikaitkan dengan panas dalam beberapa hari terakhir.

Suhu di Portugal mencapai 47 derajat celcius pada hari Kamis, rekor untuk bulan Juli. Kantor meteorologi nasional IPMA telah menempatkan sebagian besar wilayah negara dalam status bahaya kebakaran tinggi.

Media lokal melaporkan bahwa 300 orang dari Kota Murça Utara telah dievakuasi karena bahaya kebakaran. Pihak berwenang ingin menghindari terulangnya kejadian pada 2017, ketika 66 orang tewas dalam kebakaran hutan.

Di Spanyol, setidaknya 20 kebakaran terjadi di luar kendali. Gelombang panas menjadi lebih sering, lebih intens, dan bertahan lebih lama karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Dunia telah menghangat sekitar 1,1 derajat celcius sejak era industri dimulai dan suhu akan terus meningkat kecuali pemerintah di seluruh dunia mampu menekan emisi karbon.(OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat