visitaaponce.com

Rusia Siap Salurkan Gas Lagi Asalkan Eropa Cabut Sanksi

Rusia Siap Salurkan Gas Lagi Asalkan Eropa Cabut Sanksi
Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov saat diwawancarai wartawan.(dok.AFP)

RUSIA menegaskan pasokan gas tidak akan dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Eropa. Energi itu akan dinormalisasi jika negara-negara di Benua Biru mencabut sanksi yang terapkan untuk Moskow.

"Masalah pemompaan (gas) muncul karena sanksi yang dijatuhkan terhadap negara kami dan terhadap sejumlah perusahaan oleh negara-negara Barat, termasuk Jerman dan Inggris," kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Menurut dia pasokan gas Rusia ke Eropa tidak akan dibuka sampai Barat mencabut semua sanksi terhadap Moskow. Sebab sanksi Eropa ke Rusia menjadi satu-satunya alasan di balik penutupan pipa Nord Stream 1 (NS1).

Padahal Moskow awalnya mengatakan akan menutup pipa, yang memasok gas ke Eropa, untuk pemeliharaan. “Tidak ada alasan lain yang bisa menyebabkan masalah pemompaan ini selain sanksi. Sanksi yang mencegah unit-unit tersebut diservis, yang mencegah mereka dipindahkan tanpa jaminan hukum yang sesuai … sanksi-sanksi inilah yang dikenakan oleh negara-negara Barat yang telah membawa situasi seperti yang kita lihat sekarang,” tambah Peskov.

Komentar Peskov muncul di tengah krisis energi yang semakin dalam di seluruh Eropa yang semakin diperburuk setelah Gazprom, raksasa energi yang dikelola negara Rusia, mengumumkan pada Jumat (2/9) pemeliharaan tiga hari karena kebocoran minyak di salah satu turbin NS1 akan diperpanjang tanpa batas waktu.

NS1, yang telah beroperasi sejak 2011, merupakan pipa gas tunggal terbesar yang membawa gas dari Rusia ke Eropa Barat. Uni Eropa membalas langkah Moskow.

Eropa menilai penghentian total aliran gas dilakukan dengan dalih yang salah. Pejabat Uni Eropa telah berulang kali menuduh Rusia sengaja membendung atau mengurangi arus sebagai pembalasan atas sanksi Barat dan dukungan Ukraina.

Amerika Serikat (AS) juga menuduh Rusia menggunakan energi sebagai senjata, menambahkan bahwa Eropa akan memiliki cukup gas untuk menghadapi bulan-bulan musim dingin. “AS dan Eropa telah berkolaborasi untuk memastikan pasokan yang cukup tersedia. Sebagai hasil dari upaya ini, penyimpanan gas Eropa akan penuh pada musim pemanasan musim dingin yang kritis. Kami memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," kata seorang pejabat Gedung Putih.

Sementara itu, harga energi telah mencapai titik tertinggi baru karena naik 30% pada Senin (5/9). Kondisi itu memaksa negara-negara Eropa untuk mempercepat pencarian alternatif gas Rusia.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan Uni Eropa perlu meningkatkan rencana untuk produk energi terbarukan dan mereformasi pasar listriknya. Jerman, secara aktif mencari untuk membedakan sumber energi lain.

Pemerintah Jerman mengatakan akan membuat dua pembangkit nuklir. Jerman telah memutuskan untuk meninggalkan energi nuklir pada tahun 2011 di bawah mantan Kanselir Angela Merkel setelah bencana nuklir Fukushima di Jepang.

Setelah uji stres jaringan baru, dua dari tiga pembangkit listrik yang tersisa akan "tetap tersedia hingga pertengahan April 2023 jika diperlukan”, kata Menteri Ekonomi Jerman, Robert Habeck.

Dampak Langkah Rusia

Pasar keuangan segera bereaksi terhadap keputusan Rusia untuk menutup NS1 tanpa batas waktu. Nilai tukar euro tenggelam pada Senin (5/9) ke level terendah dalam 20 tahun yakni di bawah US$0,99.

Nilai poundsterling juga turun 0,5% ke level terendah baru dua setengah tahun di US$1,1444. "Aliran gas telah dibatasi bahkan lebih dari yang diharapkan dan kami telah melihat bukti penurunan permintaan yang membebani aktivitas," kata Michael Cahill, Ahli Strategi di Goldman Sachs.

"Kami sekarang memperkirakan Euro jatuh lebih jauh di bawah paritas (US$0,97) dan tetap di sekitar level itu selama enam bulan ke depan," tambahnya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengumumkan rencana untuk membantu orang dan bisnis mengatasi harga yang melonjak. Negara-negara di seluruh Eropa sedang mempertimbangkan tindakan serupa.

Di Italia, pemerintah baru-baru ini menyetujui paket bantuan senilai US$17 miliar untuk membantu melindungi perusahaan dan keluarga dari lonjakan biaya energi dan kenaikan harga konsumen.

Kebijakan itu datang di atas sekitar US$35 miliar yang dianggarkan sejak Januari untuk melunakkan efek dari biaya listrik, gas dan bensin yang sangat tinggi. Di bawah paket tersebut, Roma memperluas hingga kuartal keempat langkah-langkah yang ada yang bertujuan untuk memotong tagihan listrik dan gas untuk keluarga berpenghasilan rendah.

Finlandia dan Swedia juga mengumumkan rencana untuk menawarkan miliaran dolar jaminan likuiditas kepada perusahaan energi. (Aljazeera/OL-13)

Baca Juga: Truss Hadapi Inflasi dan Resesi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat