visitaaponce.com

Xi Kembali Pimpin Tiongkok untuk Periode Ketiga

Xi Kembali Pimpin Tiongkok untuk Periode Ketiga
Presiden Tiongkok Xi Jinping(AFP/Noel CELIS)

XI Jinping mencetak sejarah setelah mengamankan masa jabatan ketiga sebagai pemimpin Tiongkok, Minggu (23/10), setelah mendominasi kepemipinan di Partai Komunis, yang berkuasa.

Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok memilih Xi sebagai sekretaris jenderal untuk masa jabatan lima tahun ke depan, mengantarkan negara itu kembali ke kepemimpinan tungga setelah puluhan tahun terjadi pembagian kekuasaan di antara para elite.

"Saya berterima kasih setulusnya kepada seluruh agnggota partai karena mempercayai saya," ujar Xi kepada wartawan di Beijing.

Baca juga: Alasan Kesehatan, Hu Jintao Diusir dari Kongres Partai Komunis Tiongkok

Pemimpin berusia 69 tahun itu juga terpilih kembali sebagai Kepala Komisi Militer Pusat Tiongkok. Hal itu berarti Xi merupakan pemipin Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok.

Hal itu juga berarti Xi hampir dipastikan akan menjadi presiden Tiongkok untuk masa jabatan ketiga. Hal itu akan diumumkan secara resmi dalam sidang legislatif tahunan, Maret mendatang.

Hasil pertemuan Partai Komunis Tiongkok pada Minggu (23/10) memastikan Xi menjadi pemimpin terkuat negara Asia itu sejak pendiri Partai Komunis Mao Zedong.

Dalam pidatonya, Minggu (23/10), Xi merayakan keberhasilan Tiongkok menjadi kekuatan global dan sukses di bawha kepemimpinannya.

"Dunia butuh Tiongkok," tegas Xi.

"Setelah lebih dari 40 tahun gagal melakukan reformasi dan membuka diri, kita berhasil membuat dia keajaiban, pertumbuhan ekonomi yang pesat serta stabilitas sosial jangka panjang," lanjutnya. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat