visitaaponce.com

Polisi Korea Selatan Akui Respon Darurat di Tragedi Itaewon Tidak Memadai

Polisi Korea Selatan Akui Respon Darurat di Tragedi Itaewon Tidak Memadai
Polisi beraga-jaga di lokasi kejadian tragedi Halloween di Itaewon, Seoul, Korsel, yang telah dipasangi garis polisi.(AFP)

KEPALA polisi Korea Selatan mengatakan tanggapan darurat mereka terhadap kerumunan di Itaewon tidak memadai. Bahkan pengakuan pertama dari pejabat bahwa mereka tidak melakukan tindakan yang cukup untuk mencegahnya.

Di tengah meningkatnya seruan untuk akuntabilitas, Yoon Hee-keun mengatakan dia merasa bertanggung jawab tanpa batas tentang keselamatan publik atas apa yang terjadi.

Dia berjanji akan melakukan penyelidikan penuh.

Menteri Dalam Negeri Lee Sang-min juga meminta maaf atas insiden yang menewaskan 156 orang dan melukai 152 lainnya.

Itu terjadi pada Sabtu malam ketika orang banyak berkumpul di sebuah gang di Itaewon, distrik kehidupan malam yang populer di Seoul, untuk merayakan Halloween tanpa batasan untuk pertama kalinya sejak COVID-19.

Yoon mengatakan polisi telah menerima banyak panggilan sebelum kecelakaan itu terjadi, memperingatkan mereka tentang keseriusan situasi, tetapi tanggapan mereka kurang.

Polisi Seoul telah mengatakan kepada BBC bahwa panggilan pertama ke nomor darurat Korea Selatan datang pada pukul 18:34 waktu setempat - beberapa jam sebelum kecelakaan maut itu dilaporkan dimulai - dan ada 10 panggilan lagi selama tiga setengah jam berikutnya.

Kepala polisi mengatakan tanggapan polisi itu mengecewakan. Mereka akan melakukan penyelidikan intensif yang cepat dan ketat untuk melihat apakah tindakan yang tepat diambil setelah menerima panggilan, dan apakah petugas telah bereaksi dengan tepat.

Dalam pertemuan Majelis Nasional, Menteri Dalam Negeri Lee Sang-min meminta maaf kepada warga. 

"Sangat menyedihkan bagi saya sebagai seorang ayah yang memiliki seorang putra dan putri ... sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata betapa tidak nyatanya situasi ini, dan sulit untuk menerima situasi ini," katanya.

Komentar Yoon dan Lee mengikuti tuntutan publik yang berkembang untuk akuntabilitas. Tetapi pihak berwenang lain telah berusaha menggambarkannya sebagai kecelakaan yang tidak dapat dengan mudah disalahkan pada siapa pun.

Polisi sebelumnya mengatakan mereka mengerahkan lebih banyak petugas untuk perayaan Halloween tahun ini daripada yang mereka lakukan untuk pesta pra-COVID-19.

Seorang anggota kongres pada hari Selasa juga menunjukkan bahwa karena tidak ada penyelenggara utama untuk pesta tersebut, tidak ada permintaan khusus yang dibuat kepada polisi untuk pengendalian massa dan manajemen keselamatan.

"Tidak mungkin untuk meminta tanggung jawab hukum, karena tidak ada yang bertanggung jawab," kata Yoo Sang-bum, dari Partai Kekuatan Rakyat yang berkuasa, di radio lokal.

Perdana Menteri Han Duck-soo tampaknya menggemakan kalimat ini kemudian di sebuah briefing media asing, dengan mengatakan sulit untuk memiliki kontrol keamanan terlebih dahulu untuk sebuah insiden tanpa penyelenggara.

Dia mengatakan pemerintah akan meninjau masalah pertanggungjawaban hanya setelah penyelidikan menyeluruh terhadap penyebabnya.

Tetapi Presiden Yoon Suk-yeol mengatakan pada hari Selasa bahwa insiden itu mengungkapkan pentingnya manajemen kerumunan dan kurangnya penelitian di Korea Selatan tentang masalah ini.

“Daripada mempermasalahkan apakah acara tersebut memiliki penyelenggara atau tidak, keselamatan masyarakatlah yang lebih penting, dan kami perlu melakukan tindakan menyeluruh,” katanya, sambil menyarankan penggunaan drone dan kemampuan digital lainnya untuk mengelola kerumunan di masa depan. acara.

Presiden Yoon telah menghadapi tekanan politik yang meningkat dan peringkat yang anjlok bahkan sebelum insiden itu. Polisi mengatakan mereka harus mengalihkan beberapa sumber daya mereka ke tempat lain di kota pada Sabtu malam untuk mengelola protes besar-besaran terhadap pemerintah. (BBC/OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat