visitaaponce.com

Remaja Palestina Tewas saat Anggota Parlemen Israel Adakan Acara di Nablus

Remaja Palestina Tewas saat Anggota Parlemen Israel Adakan Acara di Nablus
Teman dan kerabat Mahdi Hashsh Palestina, 15, berduka atas jenazahnya di rumah sakit di kota Nablus, Tepi Barat, pada 9 November 2022.(AFP/Jaafar Ashtiyeh.)

SEORANG remaja Palestina tewas dalam bentrokan bersenjata dan konfrontasi dengan tentara Israel setelah menyerbu kota Nablus di Tepi Barat. Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi dia sebagai Mahdi Hashash yang berusia 15 tahun dari kamp pengungsi Balata di Nablus.

Pemuda itu meninggal karena luka serius akibat pecahan peluru di berbagai bagian tubuhnya selama serangan tentara di Nablus saat fajar pada Rabu (9/11). Sumber-sumber pemerintah mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Hashash meninggal ketika bahan peledak buatan tangan yang dia pegang meledak di tangannya selama konfrontasi.

Setidaknya tiga warga Palestina lain terluka dalam serangan itu, termasuk satu dengan luka serius akibat peluru tajam, dan sisanya dari peluru berlapis karet, kantor berita resmi Wafa melaporkan. Puluhan lain menderita inhalasi gas air mata.

Pasukan Israel menyerbu Nablus pada Rabu untuk mengamankan kunjungan yang telah diumumkan oleh para pemukim dan anggota parlemen sayap kanan Israel (Knesset) ke situs sensitif kuil atau makam Joseph, yang terletak satu kilometer dari pusat Nablus, berdekatan dengan kamp pengungsi Balata. Menurut laporan media Israel, tentara Israel telah menyetujui acara politik yang merayakan kemenangan blok Benjamin Netanyahu dalam pemilihan baru-baru ini yang akan berlangsung di tempat suci tersebut.

Rekaman media lokal menunjukkan pasukan Israel menembakkan puluhan tabung gas air mata saat mereka menyerbu jalan utama di Nablus serta bentrokan bersenjata tingkat rendah yang terjadi dengan pejuang Palestina. Makam Joseph adalah situs yang sering dikunjungi oleh pemukim ilegal di bawah perlindungan tentara Israel. Selama tahun lalu, pejuang Palestina semakin banyak melakukan serangan selama serangan pemukim dan tentara. Beberapa orang Israel pun terluka.

Brigade Balata, yang baru mengumumkan diri secara terbuka pada Jumat dan bermarkas di kamp, mengancam jika serangan itu terjadi. "Jika para pemukim menyerbu Makam Joseph malam ini, mereka akan melihat yang belum mereka pertanggungjawabkan," kata kelompok itu dalam pernyataan pada Selasa malam.

Hashash ialah orang Palestina terbaru yang terbunuh di Tepi Barat yang diduduki tahun ini. Jumlah kematiannya tertinggi selama 16 tahun, menurut PBB.

Ketegangan meningkat di wilayah yang diduduki 1967 sejak awal tahun ini, karena meningkatnya perlawanan bersenjata, terutama di kota Nablus dan Jenin. Israel telah melakukan serangan dan penangkapan hampir setiap hari. Pasukan Israel telah menewaskan sedikitnya 195 warga Palestina, termasuk 47 anak-anak, di Tepi Barat yang diduduki, Jerusalem Timur dan Jalur Gaza sejak awal 2022. Hampir setengah dari total orang yang tewas berasal dari Jenin. (Aljazeera/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat