visitaaponce.com

Polisi Inggris Gelar Operasi Berantas Aksi Penipuan Terbesar

Polisi Inggris Gelar Operasi Berantas Aksi Penipuan Terbesar
Situs web iSpoof.cc yang digunakan jaringan penipuan telah diblokir.(Ist/yahoo.news)

POLISI Inggris pada hari Kamis (24/11) mengatakan operasi berantas penipuan terbesar mereka telah mengganggu aksi jaringan kriminal internasional yang menargetkan ratusan ribu korban dalam jutaan panggilan telepon spam.

Polisi Metropolitan Inggris, yang mempelopori penyelidikan global selama 18 bulan ke situs web iSpoof.cc, telah menangkap lebih dari 100 orang dalam beberapa pekan terakhir, termasuk salah satu administratornya yang berbasis di London.

Bekerja sama dengan Europol, FBI, dan penegak hukum lainnya di seluruh dunia, tersangka ditangkap di Belanda, Australia, Prancis, dan Irlandia, sementara server ditutup di Belanda dan Ukraina.

Polisi Inggris yakin kelompok kejahatan terorganisir terhubung ke situs web dan puluhan ribu penggunanya, yang dapat mengakses alat perangkat lunak di dalamnya untuk membantu mendapatkan dana rekening bank korban secara ilegal dan melakukan penipuan lainnya.

Baca juga: Rusia Terus Hancurkan Fasilitas Energi, Zelensky: Biadab!

Komisaris Polisi Metropolitan Inggris Mark Rowley mengatakan penyelidikan mengisyaratkan pendekatan yang berbeda untuk penjahat mengeksploitasi teknologi.

"Ini dimulai dari penjahat terorganisir yang benar-benar mendorong dan menciptakan penipuan yang kita lihat di dunia sekitar kita," katanya kepada wartawan. (AFP/Fer/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat