visitaaponce.com

Reddit Ingin Raup US500 Juta dalam Debut Pasar Saham

Reddit Ingin Raup US$500 Juta dalam Debut Pasar Saham
Logo Reddit.(AFP/ Mario Tama)

REDDIT berencana mengumpulkan dana segar sekitar US$500 juta melalui penawaran umum perdana sahamnya. Dana tersebut untuk meningkatkan platform dan kekuatan menghasilkan uang. Ini menurut pengajuannya ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) pada Senin (11/3).

Debut platform di Bursa Efek New York yang menyebut dirinya sebagai halaman depan internet dalam hal berita hangat akan menjadi ujian bagi pasar IPO yang telah menganggur sejak pertengahan tahun lalu. Tanggal penawaran umum perdana saham belum ditentukan.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco mengatakan dalam pengajuan bahwa mereka akan menerbitkan 15,2 juta saham dengan harga antara US$31 dan US$34. Reddit ialah situs web agregasi berita sosial, pemeringkatan konten, dan diskusi asal Amerika Serikat

Baca juga : Remaja AS Berbondong-bondong Tinggalkan Facebook

IPO Reddit akan menjadi yang pertama bagi jejaring sosial sejak Pinterest go public pada 2019. Itu berarti Reddit dapat mengumpulkan modal segar sekitar US$500 juta.

Dengan mempertimbangkan saham yang berpotensi dijual oleh mereka yang memiliki saham di perusahaan tersebut dan saham yang disisihkan jika terdapat permintaan yang signifikan, ada potensi lebih dari 25 juta saham untuk ditempatkan secara keseluruhan, menurut pengajuan tersebut. Termasuk opsi saham yang sudah diterbitkan, nilai perusahaan akan mencapai sekitar US$6,5 miliar.

Dalam langkah yang tidak biasa, perusahaan mencadangkan 1,76 juta saham untuk pengguna aktif dan moderator forum yang disebut sebagai Redditor.

Baca juga : Mafindo Temukan Hoaks Politik Meningkat Tajam Jelang Pemilu 2024

Didirikan pada 2005, platform ini ialah rumah bagi lebih dari 100.000 komunitas online yang dikhususkan untuk berbagai topik dan dikunjungi oleh rata-rata 73 juta orang setiap hari. Seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok, model bisnis Reddit didasarkan pada periklanan. Meskipun populer, platform tersebut tidak pernah menghasilkan keuntungan.

Rencana monetisasi mencakup data lisensi untuk pelatihan model bahasa besar (LLM) yang mendukung kecerdasan buatan, menurut pengajuan SEC. Pengguna Reddit bisa saja vokal karena tahun lalu moderator komunitas di Reddit mengadakan protes besar-besaran mengenai biaya baru untuk akses pengembang ke platform.

Dengan munculnya ChatGPT, kepala eksekutif Steve Huffman tidak bersedia mengizinkan perusahaan yang membuat chatbot AI itu memiliki akses gratis ke situs tersebut untuk menyempurnakan model bahasa besar mereka. Yang lebih terkenal lagi, subreddit Wall Street Bets memicu kenaikan saham GameStop pada 2021 dalam hiruk-pikuk yang menginspirasi penyelidikan kongres AS dan film Dumb Money.

Baca juga : Sukses Jadi Konten Kreator Medsos, Araafi Terus Konsisten Berkarya

"Reddit harus menjadi bisnis yang mandiri. Untuk melakukan hal tersebut, kami tidak dapat lagi menyubsidi entitas komersial yang memerlukan penggunaan data berskala besar," tulis Huffman dalam postingan Reddit saat itu.

Raksasa penerbitan Conde Nast membeli Reddit pada akhir 2006 dan kemudian memisahkannya menjadi anak perusahaan independen. Perusahaan sekarang sedang mencari cara bagi pengguna untuk menghasilkan uang di platform.

"Saat ini, subreddits sebagian besar merupakan komunitas untuk konten dan percakapan. Mereka akan berkembang menjadi tempat bagi Redditor dapat menghasilkan pendapatan untuk diri mereka sendiri," kata Huffman. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat