visitaaponce.com

KPU Akui Diretas Ratusan Juta Kali

KPU Akui Diretas Ratusan Juta Kali
Ilustrasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) dalam perhitungan hasil Pemilu.(Dok. MI)

ANGGOTA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos mengungkap situs KPU mendapat serangan sebanyak ratusan juta kali. Ia mengatakan pihaknya terus berjaga dalam mengamankan situs web KPU, yakni kpu.go.id.

"Bentuk serangan ke website KPU sudah terjadi dan ini luar biasa jumlahnya. ada ratusan juta di DOS itu menyerang, saya enggak bilang puluhan, satuan, tapi ratusan juta serangan," ujar Betty di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (14/2).

Menurut Betty, situs KPU yang dicoba diretas berisi informasi dan data, bukan hasil penghitungan suara. Situs KPU sendiri sempat tidak dapat diakses beberapa waktu jelang hari pemungutan suara. Namun, jajarannya berhasil menangani hal tersebut.

Baca juga : DPR: KPU Harus Jaga Keamanan Data dan Perkuat Sistem IT

"Langsung dilakukan penanganan oleh KPU, Satgas Keamanan Siber pun sudah standby," kata Betty

"Alhamdulillah sekarang sudah mulai recovery untuk website kpu.go.id. Mudah-mudahan semuanya masih under control untuk diperbaiki oleh KPU," sambungnya.

Di sisi lain, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengungkap sampai pukul 19.00 WIB, sebanyak 59.836 dari seluruh tempat pemungutan suara (TPS) atau sekitar 7,27% sudah mengunggah hasil pemilihan ke Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap). Data yang diunggah merupakan rekaman gambar dari formulir C.Hasil Plano oleh petugas KPPS di TPS masing-masing. (Tri/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat