visitaaponce.com

Said Aqil Sindir Kominfo Imbas Peretasan PDNS

Said Aqil Sindir Kominfo Imbas Peretasan PDNS
Ilustrasi peretasan(Dok MI.)

MANTAN Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Sirodj menyoroti kebobolannya Pusat Data Nasional Sementara (PDNS). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dinilai punya PR besar terkait keamanan data nasional yang seharusnya tidak boleh terjadi.

"Kalau birokrat yang di Kominfo kan sudah tua-tua itu. Yang muda-muda lebih canggih daripada yang tua-tua, coba bisa kebobolan rahasia negara, mulai dari nomor rekening, alamat, KTP, hingga rahasia BIN kita bisa diketahui bahaya sekali itu," kata Said di Jakarta Pusat, Selasa (2/7).

Ia menekankan masih banyak masyarakat yang mahir di bidang siber bisa dioptimalkan dan tidak project oriented diharapkan bisa memudahkan bangsa memiliki kekuatan siber yang handal. Sehingga sudah seharusnya dan sudah menjadi keniscayaan agar memihak kepada ormas-ormas pejuang dan pendiri Indonesia.

Baca juga : Diretasnya PDN Disebut Timbulkan Kerugian Keamanan, Ekonomi, hingga Kesehatan

"Ditengah tsunami digital dan arus informasi yang tidak dapat dibendung, serta konflik global yang bergejala sudah selayaknya Indonesia memperkuat keamanan siber. Keamanan siber harus ditingkatkan agar tidak mudah dan tidak sering kebobolan," ujar Said yang juga menjabat Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI).

Pemajuan teknologi dan informasi yang tidak terbendung demikian halnya juga ledakan jumlah penduduk dan sampah-sampah peradaban bertebaran secara sporadis. Maka diperlukan upaya terpadu pelembagaan Indonesia untuk mengedukasi generasi muda agar memahami kolaborasi dan konvergensi

"Pertahanan siber harus melibatkan stakeholder bangsa jangan hanya dimonopoli oleh pihak tertentu atau hanya di pihak ketiga. Kesiapsiagaan dalam menjaga hak harus dipikul bersama, kami yakin rakyat yang jago siber jauh lebih banyak jumlahnya daripada birokrat," pungkasnya. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat