visitaaponce.com

PDNS Diserang, BKPM Pastikan Layanan OSS Tetap Aman

PDNS Diserang, BKPM Pastikan Layanan OSS Tetap Aman
Suasana di ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat di Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).(MI/PANCA SYURKANI)

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan layanan perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS) aman tidak terganggu pasca serangan ransomware LockBit 3.0 terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) pada 20 Juni 2024.

Staf Khusus Kementerian Investasi/BKPM Tina Talisa menuturkan sampai saat ini pihaknya belum menerima keluhan dari pelaku usaha terkait kendala proses perizinan di sistem OSS.

“Layanan OSS masih berjalan normal di minggu lalu sampai sekarang," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (1/7).

Baca juga : PDNS Diserang, Mahasiswa Baru Diminta Daftar Ulang KIP Kuliah

Kendati demikian, Tina menegaskan Kementerian Investasi/BKPM tetap mewaspadai gangguan yang mungkin terjadi pada sistem OSS. Pengawasan dan pengecekan dilakukan untuk memastikan proses perizinan maupun layanan yang diberikan kepada pelaku usaha berjalan lancar.

"Kami terus waspada memantau apabila ada gangguan terhadap sistem yang berjalan," ucap Tina.

Berdasarkan data dari Kementerian Investasi/BKPM, selama 1 Januari-30 Juni 2024 total nomor induk berusaha (NIB) yang diterbitkan melalui sistem OSS sebanyak 2.404.297, dengan rata-rata penerbitan per hari 13.210. 

Pada Januari 2024, menerbitkan 8.263 NIB, lalu pada Februari menerbitkan 11.802 NIB, bulan berikutnya sebanyak 19.924 NIB, pada April sebesar 16.375 NIB, kemudian pada Mei 13.683 NIB dan Juni lalu sebanyak 9.094 NIB. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat