visitaaponce.com

Catat Tidak Ada Antivirus yang Bisa 100 Mengamankan Data

Catat! Tidak Ada Antivirus yang Bisa 100% Mengamankan Data
Ilustrasi peretasan(Dok. Freepik)

DIREKTUR Eksekutif Komunikonten Hariqo Wibawa Satria mengatakan tidak ada antivirus untuk mengamankan data yang seratus persen aman. Satu-satunya cara adalah melakukan backup data secara rutin agar data tetap aman.

"Tidak ada anti virus yang benar-benar aman. Satu-satunya pengamanan ini adalah backup tidak ada cara lain. Kejadian serangan ini sebetulnya sudah pernah diingatkan juga oleh DPR juga ingatkan soal serangan ini ke PDN (pusat data nasional) dan betul kejadian."

Peretasan data yang sering terjadi ini juga disebabkan ada koordinasi dan kinerja yang tidak maksimal. Kemenkominfo disebut mengalami krisis leadership sejak Johnny G Plate tersandung masalah hukum.

Baca juga : Gagal Tangani Serangan PDNS, Komunitas Keamanan Siber Desak Menkominfo Mundur

"Memang sepanjang lima tahun ini ada masalah itu. Jadi jangan fokus pada serangan saja tapi fokus pada publik karena hacker pasti akan terus melakukan serangan psikologis.

Elit di BSSN dan Menkominfo harus memahami bahwa pengaruh yang paling besar adalah bisa berkurangnya kepercayaan terhadap pemerintah selain datanya itu," paparnya, Selasa (2/7).

Di sisi lain pemerintah perlu untuk mengevaluasi efektifitas PDN termasuk strategi komunikasi.

"Apakah komunikasinya harus begitu semua. Ketika kita buat PDN itu harus diumumkan artinya kan ini kerahasiaan. Rapat-rapat untuk dikaji juga," tukasnya. (Sru/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat