visitaaponce.com

Korut Awali Pesta Tahun Baru dengan Peluncuran 3 Rudal

Korut Awali Pesta Tahun Baru dengan Peluncuran 3 Rudal
Potret pasukan militer Korea Utara membawa rudal yang akan diluncurkan.(AFP)

KOREA Utara (Korut) menembakkan tiga rudal balistik pada Sabtu (31/12) waktu setempat. Aksi itu menyusul lima drone Pyongyang yang terbang di atas wilayah udara Korea Selatan (Korsel), pada Senin (26/12) lalu.

Ketegangan militer di Semenanjung Korea pun semakin meningkat tajam. Korut telah melakukan uji coba senjata yang belum pernah terjadi sebelumnya. Termasuk, peluncuran rudal balistik antarbenua tercanggih.

"Korut menembakkan rudal balistik tak dikenal ke (Laut) Timur," bunyi keterangan Kepala Staf Gabungan Korsel.

Baca juga: Kim Jong-un Tetapkan Arah Baru Militer Korea Utara

Adapun perairan yang dimaksud mengacu pada Laut Jepang. Sebelumnya, militer Korsel gagal menembak jatuh lima drone milik militer Korut.

Padahal, Korsel mengejar kelima pesawat nirawak itu dengan jet tempur dan helikopter penyerbu. Operasi selama lima jam itu tidak berhasil menembak jatuh satu pun drone milik Korut.

Presiden Korsel Yoon Suk-yeol pun malu dengan kelemahan militernya. Dia bahkan menegaskan bahwa insiden tersebut tidak dapat ditoleransi.

Baca juga: Tiga Negara Jatuhkan Sanksi ke Korut

Korsel dikatakannya harus memastikan bahwa Korut menyadari provokasi akan disertai dengan tanggapan yang keras. Militer Korsel kemudian mengadakan latihan untuk mencegah kegagalan serupa.

Awal tahun ini, pemimpin Korut Kim Jong-un menyatakan bahwa negaranya harus memiliki senjata nuklir paling terkuat di dunia. Amerika Serikat dan Korsel telah memperingatkan rencana Korut untuk menguji coba nuklir ketujuh.(AFP/OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat