visitaaponce.com

Kim Jong-un Tetapkan Arah Baru Militer Korea Utara

Kim Jong-un Tetapkan Arah Baru Militer Korea Utara
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat memberikan pengarahan.(AFP)

KIM Jong-un mengumumkan tujuan baru untuk militer Korea Utara dalam sebuah laporan kepada para pemimpin partai. Pemimpin Korea Utara itu mengisyaratkan bahwa uji coba senjata nuklir akan berlanjut tahun depan.

Saat ini, Kim memimpin pertemuan partai besar di Ibu Kota Pyongyang. Adapun pemimpin puncak dan pejabat senior partai lainnya menguraikan tujuan kebijakan untuk 2023 di sejumlah bidang utama, termasuk diplomasi, keamanan dan ekonomi.

"Kim menetapkan tujuan utama baru untuk memperkuat kemampuan pertahanan mandiri yang akan didorong ke depan pada 2023," bunyi laporan Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), tanpa memberikan rincian apapun.

Baca juga: Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik

"Menganalisis dan menilai situasi tantangan baru yang terjadi di Semenanjung Korea," lanjut laporan tersebut yang merujuk peningkatan tajam dalam ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Korea Utara telah melakukan sejumlah tes senjata nuklir yang memecahkan rekor pada tahun ini. Termasuk, menembakkan rudal balistik antarbenua, yang dilarang dan mendapat sanksi PBB.

Baca juga: Putri Kim Jong Un Digambarkan Sebagai Yang Paling Dicintai dan Berharga

Pyongyang juga meningkatkan ketegangan dengan Seoul. Salah satunya, menembakkan artileri ke zona penyangga maritim. Lalu, pada pekan ini mengirim pesawat tak berawak ke wilayah udara Korea Selatan.

Serbuan oleh lima drone yakni insiden pertama sejak 2017, mendorong Seoul untuk melepaskan tembakan peringatan dan mengerahkan jet tempur dan helikopter serang untuk menembak jatuh mereka.

Rapat pleno akhir tahun Korea Utara biasanya digunakan oleh rezim untuk mengungkap prioritas negara, baik di dalam maupun luar negeri, untuk periode tahun depan.(AFP/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat