visitaaponce.com

Polandia Tuntut Jerman Beri Kompensasi Perang Dunia II

Polandia Tuntut Jerman Beri Kompensasi Perang Dunia II
Konvoi pasukan militer Jerman memasuki wilayah Polandia pada tahun 1939.(Ist/history.com)

POLANDIA menuntut Jerman memberikan kompensasi kepada korban perang dunia II. Warsawa juga meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendesak proposal itu dipenuhi Berlin.

Total kompensasi yang disodorkan Polandia ke Jerman sekitar US$1,3 triliun. Itu merupakan hasil perhitungan kerugian yang diderita Polandia di bawah pendudukan Nazi Jerman pada 1939 hingga 1945.

Jerman bersikeras masalah itu telah ditutup dengan keputusan yang diambil pada masa komunis. Kala itu Polandia melepaskan diri untuk mencari reparasi.

Namun Polandia mengatakan itu bukan dilakukan karena tekanan Moskow sehingga tidak mengikat secara hukum. Polandia akhirnya mengirim permintaan resmi tersebut pada Oktober kepada Jerman.

"Masalah reparasi dan kompensasi atas kerugian masa perang tetap ditutup. Pemerintah Jerman tidak bermaksud untuk membuka negosiasi mengenai masalah tersebut," kata Kementerian Luar Negeri Polandia terkait catatan resmi Berlin tertanggal 28 Desember.

Baca juga: Australia Bela Aturan Kewajiban Tes Covid-19 Bagi Pelancong Asal Tiongkok

Polandia berjanji untuk memperjuangkan tuntutan ini hingga tuntas. Polandia akan meminta bantuan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan pejabat tinggi PBB lainnya dalam upaya memenangkan reparasi masa perang.

“Kewajiban moral pemerintah untuk mengejar reparasi. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk hasil apa pun tidak dihitung dalam bulan tetapi dalam tahun, bahkan mungkin dalam beberapa generasi,” ujar Menteri Hubungan Eropa Szymon Szynkowski vel Sek.

Pemerintah sayap kanan Polandia, dalam masa kekuasaan keduanya, menghadapi krisis biaya hidup dan energi serta pengeluaran kebijakan sosial yang tinggi, dan menghadapi pemilihan umum pada musim gugur. (Deutsche Welle/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat