visitaaponce.com

ASEAN Jadi Daya Tarik Banyak Negara Lain

ASEAN Jadi Daya Tarik Banyak Negara Lain
Ilustrasi(AFP/Romeo GACAD )

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan banyak negara lain yang ketertarikan untuk menjadi mitra dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Oleh karena itu, meningkatnya permohonan sejumlah negara untuk menjalin kemitraan dengan ASEAN menegaskan adanya peran penting ASEAN sebagai organisasi yang berpengaruh secara global.

"ASEAN menerima permintaan dari negara-negara lain, baik untuk mengakses Treaty of Amity and Cooperation (TAC) maupun menjadi mitra ASEAN," kata Retno dalam kegiatan ASEAN Foreign Ministers' Retreat (AMM) di Jakarta, Sabtu (4/2).

Dia menambahkan bahwa ketertarikan banyak negara lain juga menunjukkan bahwa ASEAN mempunyai kekuatan menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah.

"Kepercayaan komunitas internasional ini harus dimanfaatkan oleh ASEAN untuk melanjutkan perannya sebagai jangkar stabilitas dan perdamaian regional dengan membangun arsitektur kawasan secara inklusif dan terbuka," sebutnya.

Menurutnya, beberapa pendekatan sebagai upaya menciptakan kawasan damai, dengan membangun kepercayaan, mengedepankan keterlibatan semua pihak dan semangat kerja sama yang terbuka serta mencegah kompetisi dan rivalitas.

"Ada kesepahaman bersama untuk menjalin kemitraan eksternal ASEAN yang lebih efektif dan produktif, berdasarkan prinsip kesetaraan, dan saling menghargai," ujarnya.

Keketuaan Indonesia mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Indonesia akan mendorong upaya kerja sama ASEAN yang semakin kuat dalam merespon berbagai tantangan kawasan dan global seperti rivalitas geopolitik, dampak berkelanjutan pandemi dan bencana alam, krisis keuangan, krisis energi, krisis pangan.

Indonesia juga terus bertekad menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik, melalui pendekatan paradigma kolaborasi. ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP), merupakan prakarsa Indonesia, yang diadopsi oleh para pemimpin ASEAN pada bulan Juni 2019 dan bertujuan untuk menjaga stabilitas kawasan melalui kemitraan, dialog dan kerja sama. (Fer)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat