visitaaponce.com

Data Sementara Jumlah Korban Tewas Gempa Turki 3.600 Orang

Data Sementara Jumlah Korban Tewas Gempa Turki 3.600 Orang
Petugas penyelamat dan warga mencari korban selamat di tengah puing-puing bangunan yang runtuh setelah gempa bumi di desa Besnaya di provins(AFP)

GEMPA berkekuatan 7,8 magnitudo melanda Turki dan Suriah pada Senin (6/2) pagi yang menewaskan lebih dari 3.600 orang. Beberapa jam kemudian, gempa kedua berkekuatan 7,6 melanda wilayah yang sama.

Petugas penyelamat dan penduduk di berbagai kota berlomba untuk menemukan korban selamat, setelah salah satu gempa terbesar yang melanda Turki dalam satu abad menyapu bersih seluruh bagian kota-kota besar. Lebih dari 5.600 bangunan hancur, kata pihak berwenang Turki.

Lebih dari 2.316 tewas di Turki, menurut Kementerian Kesehatan negara itu. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan tujuh hari berkabung nasional untuk para korban.

Setidaknya 1.293 orang tewas di suriah, menurut Kementerian Kesehatan dan tim penyelamat. Janji-janji bantuan telah mengalir dari Uni Eropa, NATO, Amerika Serikat, Jepang, Inggris Raya,negara-negara teluk, Rusia, Iran, dan lainnya.

Wilayah perbatasan antara Turki dan Suriah telah menampung jutaan orang di perumahan sementara yang melarikan diri dari perang sipil Suriah. Kepala Pusat Gempa Nasional Suriah, Raed Ahmed, mengatakan bahwa ini adalah gempa bumi terbesar yang tercagempa berkekuatan 7,8 magnitudo melanda Turki dan Suriah. (France24/OL-13)

Baca Juga: Presiden: Indonesia Berdiri dalam Solidaritas bersama Turki dan ...

Baca Juga: PP Muhammadiyah Sampaikan Dukacita Atas Musibah Gempa ...

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat