visitaaponce.com

Rusia Setop Kirim Minyak usai Polandia Kirim Tank ke Ukraina

Rusia Setop Kirim Minyak usai Polandia Kirim Tank ke Ukraina
Perusahaan minyak Rusia menghentikan pasokannya ke kilang Polandia sehari setelah Polandia mengirimkan bantuan tank ke Ukraina, Sabtu (25/2)(AFP)

KEPALA eksekutif perusahaan penyulingan Polandia, PKN Orlen, mengatakan Rusia telah menghentikan pasokan minyak ke Polandia melalui jalur pipa Druzhba. Kini, PKN Orlen harus menggunakan sumber-sumber alternatif untuk menutup kesenjangan tersebut.

Penghentian suplai melalui pipa ini terjadi sehari setelah Polandia mengirimkan tank-tank Leopard pertamanya ke Ukraina.

"Kami secara efektif mengamankan pasokan. Rusia telah menghentikan pasokan ke Polandia, dan kami sudah siap. Hanya 10% minyak mentah yang berasal dari Rusia dan kami akan menggantinya dengan minyak dari sumber-sumber lain," tulis Kepala Eksekutif PKN Orlen Daniel Obajtek di Twitter.

Perusahaan ini mengatakan bahwa mereka dapat sepenuhnya memasok kilang-kilangnya melalui laut dan bahwa penghentian pasokan pipa tidak akan mempengaruhi pengiriman bensin dan diesel ke klien-kliennya.

Sejak Februari, setelah kontrak dengan Rosneft Rusia berakhir, Orlen mendapatkan minyak di bawah kesepakatan dengan perusahaan minyak dan gas alam Rusia, Tatneft.

Tatneft dan perusahaan monopoli pipa minyak Rusia, Transneft, tidak segera memberikan pernyataan mengenai masalah ini. (Aljazeera/OL-13)

Baca Juga: Uni Eropa Jatuhkan lagi Sanksi kepada Rusia

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat