visitaaponce.com

1,28 Juta Warga Prancis Gelar Mogok Massal

1,28 Juta Warga Prancis Gelar Mogok Massal
Warga Prancis berunjuk rasa di Toulouse, Prancis, Selasa (7/3) waktu setempat.(AFP/LIONEL BONAVENTURE)

SEKITAR 1,28 juta orang telah berpartisipasi dalam aksi mogok massal yang menentang rencana Presiden Prancis Emmanuel Macron menaikan usia pensiun menjadi 64 tahun pada Selasa (7/3) waktu setempat. Angka demonstran itu menunjukkan unjuk rasa tersebut adalah yang terbesar dalam beberapa dekade.

Tercatat 1,27 juta orang telah melakukan aksis serupa pada 31 Januari. Namun Serikat Pekerja Minyak Dan Gas Prancis (CGT) menyebutkan jumlah pengunjuk rasa kali ini mencapai 3,5 juta orang.

Unjuk rasa terjadi hampir di seluruh kota Prancis, termasuk di Marseille, salah satu kota terbesar negara tersebut. Beberapa bentrokan terjadi seperti di Paris dan polisi menangkap 22 orang.

Baca juga: Demi Dukungan Publik, Macron Siap Ubah Batas Pensiun

Layanan kereta api, kegiatan belajar dan mengajar, serta distribusi bahan bakar terganggu. Serikat pekerja meningkatkan kampanye mereka untuk memaksa pemerintah membatalkan rencana Macron.

Macron berharap rencananya untuk menaikkan usia pensiun dua tahun akan disetujui oleh parlemen pada akhir bulan. Serikat pekerja CGT mengatakan para pekerja telah memilih untuk memperpanjang pemogokan di semua lokasi khususnya yang bekerja di TotalEnergies.

Baca juga: Rugi, Stade de France akan Dijual Pemerintah Prancis

Usulan Macron untuk membuat orang bekerja lebih lama sangat tidak populer di kalangan masyarakat Prancis. Pemerintah menegaskan rencana reformasinya sangat penting untuk memastikan sistem pensiun tidak mengalami defisit. (Aljazeera/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat