visitaaponce.com

Demo Buruh Prancis Berujung Bentrok, 120 Polisi Terluka dan 80 Buruh Ditangkap

Demo Buruh Prancis Berujung Bentrok, 120 Polisi Terluka dan 80 Buruh Ditangkap
Aksi demonstrasi buruh Prancis berujung bentrok.(AFP )

AKSI unjuk rasa para buruh Prancis yang diklaim diikuti 3,5 juta orang berujung bentrokan dengan pihak keamanan. Demonstrasi dengan agenda penolakan reformasi kenaikan batas usia pensiun dari 62 menjadi 64 tahun itu.

Insiden yang terjadi pada Kamis (23/3), itu berujung 120 anggota polisi terluka dan 80 demonstran ditangkap. Protes yang sudah terjadi sejak Januari itu berubah menjadi kekerasan di Paris dan kota-kota lain.

"Lebih dari 120 polisi dan polisi terluka selama protes hari itu dan 80 orang telah ditangkap," kata Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin.

Baca juga: 3,5 Juta Buruh di Paris Berunjuk Rasa Tolak Reformasi Pensiun

Seruan protes damai oleh para pemimpin serikat pekerja diabaikan sejumlah demonstran di seluruh Prancis. "Gas air mata, kekerasan, dan kebakaran bukanlah yang diinginkan serikat pekerja,” kata pemimpin kelompok buruh Marc Perelman.

Perelman mengatakan bentrokan dan kekerasan yang terjadi dipicu provokasi pihak keamanan. "Sebanyak 70% dari mereka yang ditanyai menyalahkan kekerasan pada pemerintah," jelasnya.

Baca juga: Demonstrasi Berlanjut setelah Macron Lanjutkan RUU Reformasi Pensiun

Perdana Menteri Borne Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne mengatakan kekerasan dan kerusuhan itu tidak dapat diterima. Dia mengucapkan berterima kasih kepada polisi dan layanan darurat dalam menghentikan kebrutalan pengujuk rasa.

Video media sosial dari outlet berita lokal Rue 89 Bordeaux menunjukkan api berkobar di pintu masuk Balai Kota Bordeaux. Petugas pemadam berupaya mengatasi kobaran api. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat