visitaaponce.com

Pangansari Area Freeport Sepakati Kerja Bersama Serikat Pekerja

Pangansari Area Freeport Sepakati Kerja Bersama Serikat Pekerja
PT Pangansari Freeport Area bersama Serikat Pekerja menyepakati hasil Perundingan Kerja Bersama (PKB) periode 2024–2026(Dok Pangansari)

PT Pangansari Freeport Area bersama Serikat Pekerja menyepakati hasil Perundingan Kerja Bersama (PKB) periode 2024–2026 di Jakarta. Penandatanganan hasil perundingan ini disaksikan Jajaran Direksi PT Pangansari Group. 

Penandatanganan hasil perundingan kerja bersama Serikat Pekerja dan Management PT  Pangansari Freeport Area dilakukan di Jakarta setelah dilakukan perundingan di Bandung, Jawa Barat selama enam hari. 

Direktur Human Capital Pangansari Group, Avi Pranantha mengatakan, perundingan dilakukan kedua belah pihak dengan lancar dan tidak ada hal-hal yang menghambat jalannya perundingan. 

Baca juga : Pangansari Utama Pekerjakan Putra Papua di Area Freeport Indonesia

Namun, kata Avi, tantangan kedepan semakin berat, karena itu kemitraan antara managemen dan serikat pekerja pada perundingan selanjutnya harus lebih mempersiapan diri memasuki era revolusi industri 4.0. Di era ini terjadi perubahan dari tenaga mekanikal menjadi robotik dan digitalisasi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. 

“Karena itu kita semua harus mempersiapkan diri. Kita semua harus bisa beradaptasi memasuki era industri 4.0.” jelas Avi.

Avi berharap apa yang telah disepakati akan ditaati dan menjadi landasan dalam menjalankan tugas pekerjaan, sehingga bisa mendatangkan manfaat dan kesejahteran bagi seluruh karyawan dan bermanfaat bagi kemajuan perusahaan. 

Baca juga : Pangsari Utama dan Freeport Indonesia Beri Layanan Kesehatan Mata Gratis di Timika

“Dengan kesepakatan ini, diharapkan akan semkin menumbuhkan semangat kemitraan yang harmonis dan selalu menjaga kualitas pekerjaan dengan baik , sehingga tetap dipercaya untuk dapat melayani PT Freeport,” ujar Avi.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga menyambut positif  tercapainya kesepakatan antara Management PT Pangansari Group dengan Serikat Pekerja dengan cepat, selama enam hari.  

Menurut Paulus, PT Pangansari merupakan satu-satunya perusahaan di Timika yang mampu menyelesaikan perundingan dengan cepat dan mencapai kesepakatan yang baik bagi serikat pekerja dan bagi perusahaan sekaligus.

Baca juga : Freeport Indonesia Bina 9 UMKM dari Amungme dan Kamoro

“Pemerintah Kabupaten Mimika berharap, penandatanganan hasil perundingan dijalankan kedua pihak sesuai komitmen yang telah disepakati bersama. Pangansari juga diharapkan terus memperhatikan kesejahteraan dan pengembangan sumber daya manusia warga asli Papua.” kata Paulus.

Paulus mengatakan, Pangansari Group selama ini turut serta mengembangkan sumber daya manusia dengan menyekolahkan anak-anak Papua melalui program pemberian beasiswa. 

Pangansari juga banyak memberi sumbangsih bagi kemajuan warga Papua dengan membina pengusaha dan petani-petani lokal. Bahkan Pangansari telah menunjukkakan komitmennya selama ini dengan membeli sayur-mayur produk lokal.

“Pemerintah Kabupaten sangat berharap kepada Pangansari Group untuk terus membantu kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua. Harapannya apa yang sudah dilakukan atas segala sumbangsihnya selama ini agar terus ditingkatkan,” ujar Paulus. (END)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat