visitaaponce.com

BPJS Ketenagakerjaan Klaten Minta Serikat Pekerja Suarakan Program Sertakan

BPJS Ketenagakerjaan Klaten Minta Serikat Pekerja Suarakan Program Sertakan
Peringatan Hari Buruh Internasional.(MI/DJOKO SARDJONO)

KANTOR BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten, Jawa Tengah, memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, Rabu (8/5). Dalam kegiatan ini, Kantor BPJS Ketenagakerjaan Klaten menghadirkan perwakilan Serikat Pekerja Klaten.

Kegiatan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Klaten memperingati Hari Buruh Internasional tahun ini juga dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Klaten Luciana Rina Damanyanti dan Kepala Bidang Tenaga Kerja Setiyanto Nugroho.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten, Heru Siswanto, mengatakan peringatan Hari Buruh Internasional 2024 mengusung tema Kerja bersama wujudkan pekerja atau buruh yang kompeten, May Day is Terampil Day.

Baca juga : BPJS Ketenagakerjaan Klaten Gelar Sosialisasi dan Evaluasi Pusat Layanan Kecelakaan Kerja

"Sesuai tema tersebut, dengan berbagai upaya yang kita lakukan, ke depan para pekerja atau buruh di Indonesia, khususnya di Klaten menjadi semakin kompeten. Mereka semakin terampil di bidangnya," imbuhnya.

Pemerintah, lanjutnya, melalui BPJS Ketenagakerjaan sangat serius berupaya menyejahterakan seluruh tenaga kerja di Indonesia, dengan memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Program perlindungan jaminan sosial itu meliputi jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM), jaminan hari tua (JHT), jaminan pensiun (JP), dan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP).

Baca juga : Dandim 0723 Klaten Menutup Kegiatan TMMD Sengkuyung I/2024 di Desa Bero

Untuk diketahui, bahwa jumlah tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan Klaten saat ini ada sebanyak 148.678 orang atau 30% dari jumlah penduduk bekerja di Klaten.

"Sampai dengan periode Januari-Mei 2024, ada sebanyak 873 kasus kecelakaan kerja, JKM 225 kasus, JHT 4.415 kasus, JP 1.681 kasus, dan JKP 119 kasus. Adapun total nominal klaim yang sudah kami bayarkan Rp67.212.013.260," paparnya.

Terkait, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Klaten meminta kepada seluruh Serikat Pekerja untuk dapat membantu menyuarakan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja.

Baca juga : Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 di Klaten Turunkan Kasus

Dalam kegiatan May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Klaten selain mengundang 10 perwakilan Serikat Pekerja di Klaten, juga membagikan paket sembako sebanyak 100 paket kepada pekerja.

"Sampai saat ini masih banyak pekerja rentan yang belum memiliki perlindungan risiko kerja. Karena itu, kami minta Serikat Pekerja dapat membantu menyukseskan Program Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda (Sertakan)," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Klaten, Luciana Rina Damayati, didampingi Kabid Tenaga kerja, Setiyanto Nugroho, mengapresiasi kegiatan peringatan Hari Buruh Internasional yang diadakan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten.

"Saya juga merasa berbahagia karena bisa bertemu dengan teman-teman pengurus Serikat Pekerja di Klaten. Ajang silaturahmi ini sangat bermanfaat bagi Serikat Pekerja. Karena, pekerja bisa menanyakan banyak hal terkait perlindungan sosial ketenagakerjaan," ujarnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat