visitaaponce.com

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 di Klaten Turunkan Kasus

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 di Klaten Turunkan Kasus
Petugas satlantas saat melaksanakan tugas operasi keselamatan lalu lintas di Klaten.(MI/Djoko Sardjono)

KASUS kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), pada periode Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 turun 58% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Perlu diketahui bahwa pada 2023 ada 55 kasus laka lantas (kecelakaan lalu lintas) dan tahun ini hanya 23 kasus. 

Pun, korban luka ringan yang sebelumnya tercatat 61 turun menjadi 37 orang. "Alhamdulillah tahun ini korban luka berat dan meninggal nihil," kata Kapolres Klaten AKB Warsono melalui Kasi Humas AK Abdillah dalam rilis yang diterima Media Indonesia, Senin (18/3).

Kasus pelanggaran lalu lintas selama gelar operasi 14 hari mulai 4 sampai 17 Maret 2024 juga menunjukkan penurunan signifikan atau 68%, yakni dari 6.202 kasus menjadi 1.969 kasus. Penurunan kasus pelanggaran lalulintas tersebut, lanjut Kasi Humas Polres Klaten, mencerminkan bahwa kini kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat di Kabupaten Klaten meningkat.

Baca juga : Ratusan Warga Klaten Serbu Bazar Pangan Murah

Perkara electronic traffic law enforcement (ETLE) dan teguran juga turun. ETLE yang sebelumnya 4.202 turun menjadi 37 perkara dan teguran turun dari 1.997 menjadi 1.113 perkara.

"Namun, kasus tilang manual pada pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 di Kabupaten Klaten mencapai 819 perkara. Sedangkan tahun lalu tidak ada kasus tilang," imbuhnya.

Adapun dari sekian banyak penindakan yang dilakukan petugas didominasi pengendara sepeda motor, dengan pelanggaran secara kasat mata, seperti tidak pakai helm dan knalpot brong. "Meski operasi telah berakhir, penegakan hukum dan sosialisasi keselamatan berlalu lintas akan terus dilakukan demi tercipta 
kamseltibcarlantas di Kabupaten Klaten," ujar Abdillah. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat