visitaaponce.com

Pangansari Utama Pekerjakan Putra Papua di Area Freeport Indonesia

Pangansari Utama Pekerjakan Putra Papua di Area Freeport Indonesia
Emas yang sesungguhnya ialah generasi penerus bangsa putra-putri Papua, bukan gunung emas yang ada.(DOK Pribadi.)

SEBANYAK 12 putra-putri Papua asli Mimika yang menerima beasiswa dari PSU angkatan ketujuh langsung diterima dan bekerja di PT Pangansari Utama area PT Freeport Indonesia. Mereka sebelumnya dikirim untuk belajar selama tiga tahun di sekolah kejuruan di Jayapura dan Surabaya.

PSU sebagai salah satu perusahaan privatisasi PT Freeport Indonesia sudah meluluskan 72 anak Papua yang menempuh pendidikan di sekolah pariwisata dan tata boga. Tahun ini, ada 12 orang lulus dari SMK Katolik Mater Amalibis Suarabaya dan SMK Negeri 1 Parwisata Jayapura. PSU pun kembali menyekolahkan 14 orang sebagai angkatan kedelapan (VIII).

Acara kelulusan angkatan VII dan pelepasan angkatan VIII program beasiswa putra-putri Papua PSU Freeport area pada 2022 berlangsung di Hotel Horison Diana Timika, Jumat (8/7). Direktur HR Pangansari Group Avi Prananta menyebut emas yang sesungguhnya ialah generasi penerus bangsa putra-putri Papua ini dan bukan gunung emas yang ada saat ini.
 
"Para generasi emas ini yang masih akan ada dan menjadi kebanggaan," kata Avi. Kebanggaan dan keharuan yang luar biasa ia titipkan kepada anak-anak yang telah lulus dan akan bergabung bekerja di jobsite maupun yang baru akan menempuh pendidikan tiga tahun ke depan.

Baca juga: Shell Bergabung dengan Proyek Gas Raksasa Qatar

Chef Operating Officer (COO) PSU Freeport Area, Richard Vincent Daguise, mengungkapkan kebanggaannya karena PSU bisa berkontribusi untuk memajukan anak-anak Papua. "Saya bangga, selamat kepada yang akan berangkat, jauh dari orangtua tidak gampang tetapi meraih kesempatan emas ini tidak semua orang bisa dapatkan," ujarnya.

Acara pelepasan siswa angkatan kedelapan ditandai dengan penyematan jaket almamater PSU. Sementara 12 siswa yang kini lulus dan diterima bekerja di jobsite Pangansari Utama ditandai dengan pemakaian baju koki oleh Direktur Human Resources Pangansari Utama Avi Prananta dan Chief Operating Officer Pangansari Utama Freeport Area Richard Vincent Daguise disaksikan sejumlah pejabat terkait dari pemerintah daerah, para kontraktor Freeport, orangtua siswa, serta para guru baik SMP maupun SMK. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat