visitaaponce.com

Israel Jual Rudal Spike ke Yunani Senilai Rp5,9 Triliun

Israel Jual Rudal Spike ke Yunani Senilai Rp5,9 Triliun
Salah satu rudal buatan Israel.(AFP)

ISRAEL menjual rudal anti-tank Spike kepada Yunani senilai 1,44 miliar shekel (US$400 juta atau Rp5,9 triliun) dalam sebuah kesepakatan yang diumumkan, Senin (10/4).

"Rudal Spike akan memperkuat portofolio alat operasional tentara Yunani dan kami mengharapkan ekspansi lebih lanjut melalui kolaborasi strategis dalam waktu dekat," kata Yoav Har-Even, CEO kontraktor pertahanan milik negara Rafael yang memproduksi rudal anti-tank tersebut.

Peluru kendali antitank atau anti-tank guided missile (ATGM) adalah peluru kendali yang dirancang untuk menghancurkan tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya.

Baca juga : Dua Warga Sipil Suriah Tewas Dirudal Israel

Ukuran ATGM bervariasi, mulai dari senjata yang ditembakkan dari bahu yang bisa dibawa satu prajurit, senjata yang lebih besar yang harus ditembakkan menggunakan tripod, sampai yang terpasang dan ditembakkan dari kendaraan dan pesawat udara.

Kesepakatan penjualan rudal Israel ke Yunani muncul setelah kesepakatan pertahanan dengan anggota NATO yang baru saja dilantik, Finlandia.

Baca juga : Doa Paus untuk Ukraina, Israel-Palestina hingga Rohingya

Pekan lalu, Finlandia menyetujui kesepakatan dengan Israel dan Rafael setelah menjadi anggota NATO pada 4 April, yang mengakhiri hampir 70 tahun ketidakselarasan militer.

Kontraktor senjata tersebut akan menyediakan sistem pertahanan udara canggih, David's Sling, kepada anggota NATO yang baru, melalui kesepakatan senilai 316 juta euro (US$ 345 juta) yang masih bergantung pada persetujuan AS. Sling dirancang untuk mencegat rudal balistik dan rudal jelajah.

Israel mengatakan bahwa kesepakatannya dengan kedua negara akan meningkatkan hubungan di antara mereka, terutama dalam hal kolaborasi pertahanan. Negara ini telah muncul sebagai salah satu eksportir pertahanan teratas di dunia.

Selama ini, Israel banyak membuat senjata yang diminati oleh banyak orang, senjata bernilai ratusan miliar dolar dijual ke negara lain. Rudal adalah senjata Israel yang paling banyak diekspor. Pada 2021, Israel menjual rudal mereka seharga US$11,3 miliar. (Aljazeera/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat