visitaaponce.com

Ratusan Ribu Warga Israel Lanjutkan Protes Netanyahu

Ratusan Ribu Warga Israel Lanjutkan Protes Netanyahu
Ratusan Ribu Warga Israel Lanjutkan Protes Netanyahu(AFP)

PULUHAN ribu orang turun ke jalan di Israel memprotes rencana pemerintah merombak sistem dan kewenangan peradilan. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pun menimbang untuk menghentikan perubahan tersebut.

Lebih dari 100 ribu orang berpartisipasi dalam demonstrasi isu ini di Tel Aviv pada Sabtu (15/4), menurut penyiar Channel 12 Israel. Sementara aksi dengan jumlah massa di bawahnya tersebar di sejumlah wilayah lain di seluruh Israel.

Terdapat kelompok masyarakat yang merencanakan aksi balasan, mereka berasal dari pihak yang mendukung Netanyahu. Demonstrasi kedua kelompok ini telah berlangsung selama lebih dari tiga bulan terakhir.

Baca juga: Koster Tegaskan Tetap Menolak Israel Hadir di Bali

Kelompok yang menentang inisiatif Netanyahu ini jumlahnya lebih besar daripada yang mendukungnya. Menghadapi penentangan dari masyarakat sipil, sebagian tentara, bahkan kabinetnya sendiri, Netanyahu menghentikan rencana itu pada akhir Maret.

Dia mengatakan ingin menghindari perang saudara. Rencana itu akan memberi Netanyahu, yang sedang menghadapi kasus dugaan korupsi, harus mengambil keputusan untuk menentukan mekanisme penunjukan hakim negara.

Baca juga: Tersangka Pelempar Bom ke PM Jepang Ditangkap

Perubahan melalui revisi Undang-undang itu juga akan memberi parlemen, yang dikendalikan oleh sekutunya, wewenang untuk membatalkan keputusan Mahkamah Agung dan membatasi kemampuannya untuk meninjau undang-undang.

Massa penentang regulasi itu mengatakan inisiatif Netanyahu tersebut akan menghancurkan sistem check and balances. Pasalnya eksekutif dapat bertindak tanpa pengawasan yudikatif selain Netanyahu memiliki konflik kepentingan akibat kasusnya. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat