visitaaponce.com

Koster Tegaskan Tetap Menolak Israel Hadir di Bali

Koster Tegaskan Tetap Menolak Israel Hadir di Bali
Gubernur Bali I Wayan Koster (kiri) berpose dengan Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua KOI Raja Sapta Oktohari, Jumat (14/4).(MI/Arnoldus Dhae)

MESKI sehari sebelumnya mengaku siap mendukung digelarnya World Beach Games, setelah didatangi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Gubernur Bali I Wayan Koster menegaskan dirinya tetap menolak kehadiran Israel di Pulau Dewata itu di kejuaraan pada 5 Agustus mendatang itu.

Sebelumnya, usai pertemuan dengan Menpora dan Ketua KOI, Koster dilaporkan melunak dan menerima Israel untuk tampil di World Beach Game di Bali. Namun, ternyata Koster menegaskan menolak kehadiran Israel di Bali dengan alasan bertentangan dengan konstitusi.

"Amanat dan kewibawaan Konstitusi UUD Negara Republik Indonesia 1945 harus ditegakkan dalam penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Artinya, penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali dilaksanakan tanpa kehadiran tim Israel," tegas Koster, Sabtu (15/4).

Baca juga: DPR Apresiasi Langkah Menpora Selamatkan World Beach Games di Bali

Ia menegaskan jika kedatangan Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari untuk bertemu dirinya, tidak dalam rangka membicarakan soal Israel, apalagi untuk melobi agar Israel hadir dan boleh bermain di Bali. 

Bagi Bali, lanjut Koster, konstitusi harus dijunjung tinggi tanpa kompromi. Pertemuan itu berbicara soal persiapan venue dan dukungan masyarakat. 

"Bali mendukung penuh World Beach Game tanpa kehadiran Israel," tegas Koster.

Baca juga: Izinkan Tim Israel Tanding di World Beach Games Bali, I Wayan Koster: Jangan Diperdalam Lagi Soal Ini

Koster mengatakan hal itu karena usai bertemu Menpora dan Ketua KOI Raja Sapta Oktohari, banyak media menulis dirinya mendukung World Beach Games 2023 meskipun ada Israel. 

"Saya tegaskan berita itu tidak benar. Sikap saya tetap konsisten menolak kehadiran Tim Israel di World Beach Games di Bali tahun 2023," tegasnya. 

Namun, Koster menegaskan siap mendukung penuh penyelenggaraan World Beach Games di Bali tahun 2023 agar berjalan lancar dan sukses, sepanjang sesuai kesepakatan tanpa kehadiran Tim Israel. 

Sebab jika Israel akhirnya bisa bermain di Bali, kata Koster, Bali sudah melanggar konstitusi. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat