visitaaponce.com

Pemerintah Aceh Siap Pulangkan 26 Warga yang Berhasil Dievakuasi dari Sudan

PEMERINTAH Acceh melalui Badan Penghubung Pemerintah Aceh siap memulangkan 26 warga mereka yang berhasil dievakuasi dari Sudan kembali ke daerahnya. Ke-26 orang tersebut kini berada di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Diketahui dalam gelombang pertama evakuasi yang dilakukan pemerintah terdapat 26 warga Aceh. Total ada 56 warga Aceh yang berhasil dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi. 

"Kita BPPA, mendapat perintah langsung dari Bapak Achmad Marzuki Penjabat Gubernur Aceh, untuk terus memantau proses pemulangan warga Aceh dari Sudan,” kata Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Akkar Arafat.

Baca juga: Pertempuran Sudan Berlanjut di Tengah Gencatan Senjata

Akkar mengatakan pihaknya masih mengumpulkan kartu identitas ke-26 orang itu. Setelah dilakukan pendataan, Dinas Sosial Aceh akan membeli tiket pesawat. 

Penanganan warga Aceh setelah dievakuasi dari Sudan merupakan salah satu fokus Achmad, sebagai bentuk kepedulian kepada warga dan mahasiswa Aceh yang tengah menuntut ilmu di sana.

Baca juga: Legislator NasDem Apresiasi Kinerja Pemerintah Evakuasi WNI dari Sudan

"Pemerintah Aceh juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pemulangan warga Aceh khususnya dari Sudan, baik Kementerian Luar Negeri, Pemerintah Arab Saudi, KBRI di sana, TNI, dan lainnya yang ikut membantu,” sebut Achmad.

Langkah Pemerintah Aceh itu disambut mahasiswa Aceh, Ribhan Akbar. Ia mengaku sangat bersyukur akan kepulangannya. "Saat tiba di pelabuhan di Jeddah setelah menumpangi kapal kargo, kita disambut juga oleh KBRI di sana,” ujarnya.

 

Ribhan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam membantu mengevakuasi mereka hingga sampai Tanah Air. "Kekhawatiran yang dirasakan selama pecah perang kini sudah hilang, kita semua lega tiba di sini,” pungkasnya. 

Diketahui, sebanyak 385 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten dari Jeddah. Evakuasi WNI dari sudah dilakukan secara bertahap. 

Rencananya pemulangan WNI tahap dua akan dilakukan Sabtu (29/4) dari Jeddah dan tiba di Indonesia pada Minggu (30/4). Sedangkan tahap tiga dilakukan 30 April menggunakan pesawat TNI AU.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat