visitaaponce.com

7 Tewas Dalam Serangan Drone di Kota Kunci Timur Laut Sudan

7 Tewas Dalam Serangan Drone di Kota Kunci Timur Laut Sudan
Ilustraasi - Serangan drone di kota Atbara di timur laut Sudan menewaskan tujuh orang dan melukai enam orang. (AFP)

SERANGAN drone menewaskan tujuh orang dan melukai enam orang pada Selasa di Atbara di timur laut Sudan, sebuah kota yang hingga saat ini telah terhindar dari perang brutal negara tersebut, seorang petugas medis dan saksi mata memberitahu AFP.

Sebagian besar Sudan telah dilanda perang berdarah selama hampir setahun antara tentara reguler dan Pasukan Dukungan Cepat paramiliter.

"Api berkobar setelah serangan drone selama iftar," kata seorang saksi mata melalui telepon, merujuk kepada makanan berbuka puasa di malam hari selama bulan suci Ramadan.

Baca juga : Junta Myanmar Serang Kamp Pengungsi Kachin, 29 Orang Tewas

Makanan tersebut, "diorganisir oleh dan di pangkalan milisi Islamis Baraa," yang bertempur bersama tentara Sudan, "mengumpulkan baik warga sipil maupun pejuang," kata penduduk lain kepada AFP.

Penduduk terpukul oleh "gelombang kepanikan karena kejutan dari ledakan" di Atbara, sekitar 300 kilometer (186 mil) di timur laut Khartoum, kata sumber yang sama.

Jenazah "tujuh tewas dan enam terluka" tiba di sebuah rumah sakit di Atbara, kata sumber medis, tanpa menyebutkan apakah mereka pejuang atau warga sipil.

Baca juga : Mayoritas Korban Bom Bunuh Diri di Pakistan Anggota Kepolisian

Perang, yang pecah pada 15 April, telah menewaskan ribuan orang dan mengungsikan lebih dari 8,5 juta orang secara internal dan melintasi perbatasan, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pertempuran itu telah menyisakan Atbara, di mana pasukan tentara telah ditempatkan untuk melindungi kota tersebut yang strategis terletak di jalan menuju Pelabuhan Sudan di Laut Merah, di mana pemerintah yang setia kepada tentara telah berlindung.

Tidak ada kelompok yang segera mengklaim serangan itu. RSF memiliki drone tetapi berlokasi sekitar 250 kilometer dari Atbara, di jalan-jalan keluar dari ibu kota Khartoum.

Baca juga : 45 Jemaah Paskah Tewas di Afrika Selatan

RSF berasal dari milisi Janjaweed yang ditakuti yang dilepaskan pada awal tahun 2000-an oleh mantan diktator Omar al-Bashir untuk menghancurkan suku etnis di Darfur.

Paramiliter sekarang mengendalikan sebagian besar Darfur, sebuah wilayah sebesar Prancis yang telah terputus dari sisa negara selama beberapa bulan.

Utusan AS baru untuk Sudan, Tom Perriello, mengatakan pesawat tempur militer pada hari Senin menyerang kota El-Fasher di Darfur Utara, "di mana ribuan warga sipil dari seluruh Darfur telah melarikan diri".

Di seluruh negeri, baik militer maupun RSF "terus menghalangi bantuan kemanusiaan dan pergerakan bebas warga sipil," tulisnya di X. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat