visitaaponce.com

Dubes Sudan bukan Perang Saudara, tapi Kudeta RSF

Dubes Sudan: bukan Perang Saudara, tapi Kudeta RSF
Sudan Dubes Sudan untuk Indonesia Yassir Mohamed Ali Mohamed meminta bantuan kemanusiaan untuk warga sipil korban peperangan, Rabu (3/5)(Dok. Kedubes )

DUTA Besar Sudan untuk Indonesia Yassir Mohamed Ali Mohamed menilai konflik yang terjadi di Sudan bukan perang saudara. Dia menyebutnya sebagai upaya kudeta oleh Pasukan Pendukung Cepat (RSF) yang diredam militer Sudan.

"Karena rangkaian peristiwa yang disesalkan, yang dimulai pada Sabtu (15/4) pagi, sebagai akibat langsung dari pemberontakan yang dilakukan oleh RSF, dalam upaya berdarah untuk merebut kekuasaan dengan paksa. Mereka secara terang-terangan menyerang sesama rekan Angkatan Bersenjata Sudan (SAF), di berbagai lokasi di ibu kota, Khartoum, dan kota-kota lainnya," ujar Yassir saat memberikan keterangan resmi di kediamannya, Jakarta, Rabu (3/5).

Menurut di SAF, berdasarkan tugas konstitusionalnya, dan tanggung jawab nasional menjaga keamanan dan stabilitas di negara tersebut. Maka tidak memiliki pilihan bagi SAF selain menanggapi serangan tersebut dengan keras dan mendorong RSF dari semua kampnya di negara tersebut, setelah menghancurkan 'HQ' sebutan untuk Markas Besar RSF.

Baca juga: Sudan Minta Bantuan Kemanusiaan

Ia mengatakan RSF telah diusir dari markas SAF, dan sekitarnya, dan beberapa lokasi sensitif, yang coba direbut seperti Istana Republik, Bandara Khartoum dan Perusahaan Penyiaran Radio dan Televisi Nasional. Ironisnya, semua lokasi ini dulunya dijaga bersama oleh pasukan SAF dan RSF.

"Patut disebutkan bahwa RSF telah mengerahkan lebih dari empat puluh ribu pasukannya di ibu kota, dengan mobil SUV bersenjata lengkap mereka. Sekarang telah dipastikan bahwa setelah penghancuran semua sumber dukungan logistik dasar mereka, 85% pasukan mereka menyerah, melarikan diri atau dibunuh oleh tentara," paparnya.

Baca juga: Presiden Sudan Selatan Tengahi Konflik Politik di Sudan

Oleh karena itu, lanjut dia, mengingat fakta-fakta ini, tidak benar untuk menggambarkan kondisi sedang terjadi sebagai perang saudara. Ini lebih merupakan tindakan yang tak terhindarkan oleh SAF terhadap kelompok pemberontak bersenjata, yang memiliki upaya kudeta untuk merebut kekuasaan, dan juga mencoba membunuh kepala negara, dan mengendalikan semua lokasi strategis di Khartoum.

"Sekarang, menjadi jelas bahwa serangan ofensif ini direncanakan dengan baik, dipersiapkan dengan baik, dan diatur dengan baik, tidak hanya oleh RSF yang memberontak, tetapi juga didukung oleh elemen asing, dalam konspirasi besar untuk mengepung kekuasaan dengan paksa di Sudan," tuturnya.

RSF, lanjut dia, kini kehilangan cengkeramannya di beberapa lokasi, dan saat ini berada pada posisi yang sangat terdesak. Akibatnya, mereka cenderung memperburuk situasi kemanusiaan, melalui taktik jahat, dengan menargetkan beberapa fasilitas dasar di ibu kota, akibatnya 69% rumah sakit tidak berfungsi, dan staf medis dievakuasi secara paksa, pekerja darurat dan ambulans menjadi sasaran, 19 tenaga medis tewas, sembilan di antaranya diculik dan sejumlah apotek dijarah.

Tidak hanya itu, kata Yassir beberapa rumah sakit digunakan oleh pemberontak sebagai pangkalan militer, setelah mengevakuasi paksa semua pasien, termasuk mereka yang berada dalam posisi kritis. Karena pasokan kebutuhan dasar RSF tidak mencukupi, mereka mengobrak-abrik puluhan supermarket dan toko kelontong di sekitar Khartoum.

Pemberontakan melanggar gencatan senjata kemanusiaan sebanyak enam kali, dan sejumlah tempat diplomatik telah dilanggar, seperti kedutaan Uni Eropa, India, Indonesia, Malaysia, dan sebuah surat diplomatik milik Kedutaan Besar Amerika Serikat. Pasukan pemberontak menjarah mobil kedutaan Indonesia, dan juga membunuh seorang atase administrasi kedutaan Mesir.

"Dalam manifestasi lain pelanggaran mereka, RSF, telah melakukan beberapa kekejaman. Salah satu yang terburuk di antara mereka adalah merekrut anak-anak sebagai tentara. RSF, dengan sumber dayanya yang besar, tidak pernah membangun satu sekolah pun di Darfur atau di mana pun di dunia," pungkasnya. (Cah/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat