visitaaponce.com

Trump Mengaku tidak Bersalah Atas Tuduhan Menyembunyikan Dokumen Rahasia

Trump Mengaku tidak Bersalah Atas Tuduhan Menyembunyikan Dokumen Rahasia
Mantan Presiden AS Donald Trump menyapa pendukungnya usai sidang di Miami, Florida, Selasa (13/6).(AFP/Alon Skuy/Getty Images)

DONALD Trump membantah puluhan dakwaan kriminal menyembunyikan dokumen rahasia pemerintah Amerika Serikat (AS) dan menolak mengembalikannya. Hal itu terungkap dalam penampilan pertama mantan Presiden AS itu di pengadilan federal, Selasa (13/6).

Sidang itu merupakan dakwaan kedua yang dihadapi Trump setelah 10 pekan lalu dia didakwa melakukan sejumlah pelanggaran terkait pembayaran uang tutup mulut kepada seorang bintang film porno.

Trump hadir di pengadilan Miami untuk secara resmi mendengarkan 37 dakwaan yang diajukan pemerintah setelah FBI menggelar razia ke kediamannya, Agustus lalu.

Baca juga: Trump Tetap Bantah Tuduhan Penggelapan Dokumen Rahasia

"Kami dipastikan akan menyatakan tidak bersalah," ujar kuasa hukum Trump Todd Blanche.

Pemerintah AS menuding Trump, yang tengah berusaha kembali ke Gedung Putih pada tahun depan, melanggar Undang Undang Spionase dan undang-undang lainnya ketika dia membawa pulang dokumen rahasia di akhir masa jabatannya dan kemudian tidak menyerahkannya ke Arsip Nasional.

Pihak berwenang juga menyebut Trump kemudian berusaha menghalangi penyelidik dan dengan sengaja mengungkapkan rahasia negara ke orang yang tidak berhak.

Baca juga: Trump akan Hadir di Sidang Dokumen Rahasia

"Ini adalah hari tersedih dalam negara kita. Kita adalah bangsa yang tengah terpuruk," ungkap Trump lewat platform media sosial miliknya, Truth Social.

Polisi Miami bersiap menghadapi aksi demonstrasi besar-besaran namun ternyata hanya ada beberapa puluh pendukung Trump yang hadir. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat