visitaaponce.com

Putin Sebut Zelenskyy Permalukan Komunitasnya Sendiri, Yahudi

Putin Sebut Zelenskyy Permalukan Komunitasnya Sendiri, Yahudi
Presiden Rusia, Vladimir Putin.(AFP)

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin menggembar-gemborkan prospek Rusia dan menilai Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah mempermalukan komunitas Yahudi. Pada forum ekonomi internasional utama negara itu Putin mengabaikan sanksi internasional yang diberlakukan karena perang di Ukraina.

Pejabat dan investor Barat menghindari Forum Ekonomi Internasional St Petersburg tahun ini yang selama beberapa dekade telah menjadi acara utama Rusia untuk menarik modal asing. Forum tersebut disamakan dengan pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Kremlin sebelumnya juga melarang jurnalis dari negara-negara yang dianggap Rusia tidak bersahabat untuk meliput proses yang dimulai pada Rabu (14/6) dan berlanjut hingga Sabtu.

Baca juga: Kerja sama Ekonomi Rusia-Barat Putus, Putin: Neo-kolonialisme Berakhir

Moskow telah memberlakukan penetapan itu pada sejumlah negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, anggota Uni Eropa, dan Australia sehubungan dengan sanksi yang dijatuhkan atas pertempuran di Ukraina.

"Kami belum beralih ke jalur isolasi diri. Justru sebaliknya - kami telah memperluas kontak dengan mitra yang dapat diandalkan dan bertanggung jawab di negara dan wilayah yang berfungsi sebagai mesin, penggerak dari ekonomi dunia saat ini,” tegas Putin.

Pejabat tidak memberikan daftar bisnis asing yang hadir, tetapi program untuk lebih dari 100 diskusi panel menunjukkan mayoritas pembicara berasal dari Rusia. Sementara salah satu sesi panel yang tercantum dalam program tersebut menggembar-gemborkan Rusia sebagai pusat teknologi global, deskripsi sesi lain secara diam-diam mengakui isolasi ekonomi Moskow yang semakin meningkat sejak pasukannya pindah ke Ukraina Februari lalu.

Baca juga: Serang Balik Rusia, Putin: Ukraina Rugi Besar

"Saya ingin menegaskan kembali, Rusia adalah pasar masa depan dengan semua orang memahaminya dengan jelas,” imbuh Putin.

Putin juga dengan gigih membela pengiriman pasukan Rusia ke Ukraina dan mengulangi klaimnya bahwa pemerintah Ukraina adalah rezim neo-Nazi, terlepas dari akar Yahudi Presiden Volodymyr Zelenskyy.

"Teman-teman Yahudi saya mengatakan bahwa Zelenskyy bukan seorang Yahudi, tetapi memalukan bagi komunitas Yahudi," pungkas Putin.

(CNA/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat