visitaaponce.com

Sepasang Lukisan Rembrandt Terjual Rp212 Miliar

Sepasang Lukisan Rembrandt Terjual Rp212 Miliar
Lukisan Rembrandt yang menampilkan Jan Wilemsz van der Pluym dan istrinya Jaapgen Carels.(AFP/Daniel LEAL )

SEPASANG lukisan terakhir karya Rembrant yang berada di tangan pribadi terjual seharga lebih dari 11 juta pound sterling (sekitar Rp212 miliar) di rumah lelang Christie's, London, Kamis (6/7), hampir 200 tahun setelah lukisan itu pertama kali dilelang.

Kedua lukisan, yang diperkirakan berasal dari 1635, diperkirakan terjual seharga 5 juta pound sterling hingga 8 juta pound sterling sebagai bagian dari pelelangan bertajuk Old Masters.

Namun, kedua lukisan itu akhirnya terjual seharga 11.235.00 pound sterling, ungkap rumah lelang itu.

Baca juga: Imajinasi dan Semesta Alternatif Rendy Raka Pramudya

Lukisan oval setinggi 20 centimeter itu menampilkan gambar tukang leding Jan Wilemsz van der Pluym dan istrinya Jaapgen Carels.

Pasangan itu, yang dilukis dalam pose intim yang tidak lazim bagi Rembrandt, merupakan teman keluarga pelukis itu dan berasal dari kota asalnya, Leiden, Belanda.

Wakil Ketua Lukisan Maestro Kuno di rumah lelang Christie's, Henry Pettifer, bulan lalu, mengatakan dirinya terkejut ketika pertama kali melihat kedua lukisan itu.

Baca juga: Pelukis Muda Rachel Ajeng Digandeng Maskapai Scoot Hasilkan Lukisan Traveling

"Saya sangat terkejut ketika mengetahi bahwa kedua lukisan itu tidak pernah diteliti dan disinggung dalam literatur mana pun mengenai karya Rembrandt selama 200 tahun," ungkap Pettifer.

Nenek moyang pemilik lukisan itu membeli lukisan itu dalam sebuah lelang di Christie's pada 1824 dan tidak pernah menjualnya hingga saat ini.

"Lukisan itu selama ini dinikmati oleh keluarga pemilik lukisan itu selama lebih dari dua abad," kata Pettifer.

Setelah melihat kedua lukisan itu, kerja forensik dilakukan untuk mengetahui apakah lukisan itu benar karya Rembrandt, termasuk analisa ilmiah oleh pakar seni dari Museum Rijksmuseum, Amsterdam.

Kedua lukisan itu merupakan lukisan terkecil karya seniman Belanda dari abad ke-17, yang lebih dikenal karena lukisannya yang lebih besar. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat