visitaaponce.com

Dua Ribu Penguin Ditemukan Mati di Pantai Uruguay

Dua Ribu Penguin Ditemukan Mati di Pantai Uruguay
Sekitar 2 ribu penguin Magellan ditemukan mati di Pantai Uruguay dalam kurun waktu 10 hari terakhir. (AFP)

SEKITAR 2.000 ekor penguin ditemukan mati di pantai timur Uruguay dalam 10 hari terakhir. Pihak otoritas masih belum mengetahui penyebab matinya burung tersebut.

Menurut Carmen Leizagoyen, kepala departemen fauna Kementerian Lingkungan, penguin Magellan yang mati merupakan penguin muda. Mereka mati di Samudra Atlantik dan terbawa arus ke panti Uruguay. 

"Ini adalah kematian di air, 90% adalah spesimen muda yang datang tanpa cadangan lemak dan dengan perut kosong," katanya, dan menekankan bahwa semua sampel yang diambil telah diuji negatif untuk influenza burung.

Baca juga: Kenalin Nih Keluarga Baru Ancol, 5 Bayi Penguin Humboldt yang Imut dan Gemoy

Penguin Magellan berkembang biak di selatan Argentina. Di musim dingin di belahan bumi selatan, mereka bermigrasi ke utara mencari makanan dan perairan yang lebih hangat, bahkan mencapai pantai negara bagian Espirito Santo di Brasil.

"Ini normal jika ada sebagian penguin yang mati, tetapi tidak sebanyak ini," kata Leizagoyen, mengingat kematian serupa terjadi tahun lalu di Brasil, dengan alasan yang belum ditentukan.

Baca juga: WHO : Puluhan Kucing di Polandia Positif H5N1

Hector Caymaris, direktur kawasan lindung Laguna de Rocha, kepada AFP, menghitung lebih dari 500 penguin mati di sepanjang enam mil (10 kilometer) pantai Samudra Atlantik. Advokat lingkungan menyalahkan peningkatan kematian penguin Magellan, karena overfishing dan penangkapan ikan ilegal.

"Sejak tahun 1990-an dan 2000-an kita mulai melihat hewan-hewan dengan kekurangan makanan. Sumber daya ini dieksploitasi secara berlebihan," kata Richard Tesore, dari LSM SOS Marine Wildlife Rescue.

Badai siklon subtropis di Samudra Atlantik, yang melanda tenggara Brasil pada pertengahan Juli, kemungkinan menyebabkan hewan-hewan yang paling lemah mati akibat cuaca yang buruk, tambahnya.

Selain penguin, Tesore mengatakan bahwa baru-baru ini ia juga menemukan burung petrel, albatros, camar laut, penyu laut, dan singa laut mati di pantai Maldonado, sebuah departemen di sebelah timur ibu kota Montevideo. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat