visitaaponce.com

Serangan Israel di Dekat Damaskus Bunuh Enam Orang

Serangan Israel di Dekat Damaskus Bunuh Enam Orang
Foto yang dirilis pada 19 Juli 2023 menunjukkan bola cahaya di langit selama serangan udara Israel di dekat Damaskus.(AFP/SANA.)

EMPAT tentara Suriah dan dua pejuang yang didukung Iran tewas pada Senin (7/8/2023) dalam serangan menjelang fajar oleh Israel di dekat Damaskus. Ini merupakan serangan udara mematikan terbaru Israel yang menghantam ibu kota Suriah yang dilanda perang.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, serangan udara tersebut menargetkan pasukan rezim Suriah dan posisi militer serta depot senjata yang digunakan oleh kelompok bersenjata yang didukung oleh Teheran. Selama lebih dari satu dekade perang di Suriah, negara tetangga Israel melancarkan ratusan serangan udara di wilayah itu, terutama menargetkan pasukan yang didukung Iran dan pejuang Hizbullah serta posisi tentara Suriah.

Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium, mengatakan kepada AFP bahwa empat tentara Suriah, termasuk satu perwira, serta dua pejuang yang didukung Iran tewas dalam serangan udara terhadap posisi dan gudang kelompok yang didukung Teheran untuk amunisi dan senjata. Dua pasukan rezim dan lima pejuang asing terluka dalam serangan itu, tambahnya, dengan mengatakan empat dari mereka dalam kondisi kritis.

Baca juga: Empat tentara Suriah tewas dalam serangan Israel dekat Damaskus

Serangan Israel menghantam daerah dekat Bandara Internasional Damaskus, Bandara Dimas, dan Kisweh. Semua dekat dengan ibu kota. "Serangan juga menghancurkan depot senjata dan amunisi milik kelompok yang didukung Iran," kata pemantau yang berbasis di Inggris yang mengandalkan jaringan luas di dalam Suriah.

Senin pagi, media pemerintah mengatakan empat tentara Suriah tewas dan empat lain luka-luka dalam serangan itu, mengutip sumber militer. "Pada pukul 02.20, musuh Israel melakukan serangan udara dari arah Golan Suriah yang diduduki, menargetkan area di sekitar Damaskus," lapor kantor berita resmi SANA.

Baca juga: Serangan Israel Terjang Lokasi Dekat Damaskus, Lukai Tentara Suriah

Serangan itu menewaskan empat tentara dan melukai empat lain, katanya, melaporkan kerusakan material yang tidak ditentukan dan menambahkan bahwa pertahanan udara Suriah mencegat beberapa rudal Israel. Seorang koresponden AFP di ibu kota melaporkan mendengar suara ledakan.

Israel jarang mengomentari serangan yang dilakukannya di Suriah, tetapi berulang kali mengatakan tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya Iran, yang mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, memperluas jejaknya di sana. Dengan dukungan Iran dan Suriah, pemerintah Assad merebut kembali sebagian besar wilayah yang telah hilang dari pemberontak di awal konflik yang pecah pada 2011 dan telah menarik kekuatan asing dan jihadis global.

Baca juga: Menteri Luar Negeri Iran Kunjungi Jepang, Pertama sejak 2019

Ditanya tentang serangan Senin, seorang juru bicara militer Israel mengatakan kepada AFP dalam suatu pernyataan, "Kami tidak mengomentari laporan di media asing."

Kriminal

Pada 19 Juli, serangan udara Israel di dekat Damaskus menewaskan tiga pejuang propemerintah dan melukai empat lain, Observatorium Suriah mengatakan pada saat itu. SANA melaporkan dua tentara terluka dalam serangan tersebut. Ia mengutip sumber militer yang mengatakan pengeboman itu menargetkan posisi tertentu di sekitar Damaskus.

Kementerian luar negeri Suriah telah mengutuk serangan itu dalam istilah terkuat. Dalam suatu pernyataan yang dibawa oleh SANA, mereka meminta PBB dan Dewan Keamanan mengambil tindakan segera untuk mewajibkan Israel menghentikan kebijakan kriminal ini.

Awal bulan lalu, media pemerintah mengatakan Israel telah melakukan serangan udara di dekat kota Homs yang dikuasai pemerintah. Tentara Israel kemudian mengatakan mereka menyerang baterai antipesawat setelah tembakan roket.

Pada 14 Juni, Israel melakukan serangan udara di dekat Damaskus yang melukai seorang tentara, menurut SANA. Serangan-serangan itu terjadi setelah yang lain pada akhir Mei melanda wilayah Damaskus. Observatorium melaporkan lima orang terluka dalam serangan di situs pertahanan udara yang menjadi tuan rumah pejuang dari gerakan Muslim Syiah pro-Iran Hizbullah yang kuat di Libanon.

Serangan Israel sebelumnya membuat bandara Damaskus dan Aleppo tidak berfungsi. Pada akhir Maret dan awal April, Israel meningkatkan serangannya ke Suriah dengan empat serangan di wilayah yang dikuasai pemerintah dalam waktu kurang dari seminggu, menargetkan posisi pasukan pemerintah Suriah dan kelompok pro-Iran. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat